Karakter Budaya Akan Jadikan Rakyat Nelayan Jakarta Berdikari

MATANUSA.NET JAKARTA –

Kalibaru Cilincing Jakarta Utara, diantara dari aktifitas Rakyat Nelayan di DKI Jakarta. Tidak sedikit masyarakat pesisir disana yang menghidupi keluarganya melaut dan mencari ikan.

Rakyat Nelayan disana ada yang turun kelaut malam kembali pagi hari ada berangkat pagi pulang malam dengan area tangkap yang tetap ada batas pencariannya.

Mendengar apa yang disampaikan Syarif Hidayat selaku Ketua DPC Posraya Indonesia Jakarta Utara, terkait banyak keluh dan kesah para nelayan, Dian Sumarwan Sekjen DPP menyambangi untuk mendengar dan melihat langsung.

“Iya saya kemarin sore datang ke tempat Rakyat Nelayan di kali baru untuk mendengar keluh kesah dan melihat langsung aktivitas nelayan disana,” ucap Dian saat dimintai keterangan Kamis (8/12/2022).

Rakyat Nelayan sore itu mengajak langsung proses tangkap ikan, Bahrul Ulum dan Wargana yang mendampingi Posraya Indonesia Tim 7 Jokowi untuk melaut.

“Ayo kita langsung kelaut sore ini, nanti balik lagi malam mas,” ucap Ulum salah satu nelayan.

Setelah melepas jala bersama dan menunggu hasil tangkap kurang lebih dua jam para nelayan menyampaikan apa yang selama ini mereka perjuangkan.

“Kita selalu beli bahan bakar dari pengecer soalnya kalau ke SPBU kita pasti ditolak karena tidak boleh kalau pakai jerigen. Dan banyak orang bilang nelayan tidak akan kaya, tapi ya memang nelayan disini tidak ada perubahan dan selalu butuh bantuan untuk kelengkapan bernelayan,” ucap Ulum.

Sekjen Posraya Indonesia menyampaikan kalau Karakter Budaya menjadi kunci penyelesaian masalah yang dihadapi Rakyat Nelayan Kalibaru.

“Semua harus bisa berjalan baik, Rakyat Nelayan harus sejahtera. Karakter budaya adalah kuncinya, semua harus gotong royong, banyak cara untuk itu terjadi supaya nelayan juga bisa berdikari. Kalau nelayan ndak bisa isi di pom disana pom nya harus hadir disini dekat nelayan. Untuk peningkatan ekonomi nelayan disini harus kreatif selain harus bisa memasarkan langsung hasil tangkap tempat ini harus dijadikan tempat wisata yang melibatkan nelayan dengan apa yang nelayan punya,” ucap Dian kembali.

Usai saling berbicara sambil bersenda gurau, yang ada diperahu bersama-sama mengangkat hasil tangkap dan berencana untuk membuat langkah cepat.

“Kami siap buat apel Rakyat Nelayan empat belas desember besok buat seluruh nelayan disini, kami siap menyatakan sikap bersama untuk membesarkan nelayan disini,” ucap Ulum (7/11/2022) di Kalibaru.

Redaksi