Gerak Jalan di Iringi Drum Band, Giat Samenan MDTA Nurul Ikhwan Cikidang

MATANUSA.NET SUKABUMI –

Pendidikan jenjang Madrasah Diniyah Takmiliyah Awwaliyah (MDTA) Nurul Ikhwan Pasir Rarangan, Desa Pangkalan, Kecamatan Cikidang, Kabupaten Sukabumi, laksanakan acara samenan (Kenaikan kelas) dengan rangkaian Pawai anak murid, bersama orang tua dan warga masyarakat. Selain itu hal menarik dari acara pawai di iringi tabuhan Drum Band milik SMPN 1 Cikidang, Sabtu (25/6/22).

Agar diketahui, kegiatan pawai dimulai pukul 08.30-11.00, dengan jarak 2 km, terlihat warga tumpah ruah kejalan sambut acara pawai samenan siswa/I MDTA Nurul Ikhwan Cikidang.

Kepala Sekolah MDTA Nurul Ikhwan Apendi mengatakan kepada matanusa.net, bahwa pihak sekolah memiliki jumlah Murid 112 Siswa/I, dengan memiliki 4 guru pengajar, terakreditasi A, serta memiliki 4 ruang kelas.

” Alhamdulillah tahun 2021-2022 dengan jumlah siswa yang lulus sebanyak 15 anak”, ucap Apendi , Minggu (26/6/22).

Terpisah, dihubungi melalui Phone selular, Dedi Suwandi selaku Ketua Komite MDTA Nurul Ikhwan mengatakan, gelar kegiatan acara samenan, dengan menampilkan seni anak  kelas 1-4, dimulai pukul 14.00 -16.00, dilanjutkan dengan hiburan sekolah Hadroh, kata Dedi.

Lebih lanjut, setelah hiburan Hadroh pada pukul 19.30 – 20.15 Wib, pada pukul 20.30- dugi ka tabuh 22 : 00 Wib, dilanjut dengan kegiatan anak kelas 5 – 6, dengan dilakukan pembagian juara kelas, dengan pelepasan siswa kelas 6, sambung Dedi.

Dengan kegiatan samenan ini atau orang Sunda menyebutnya dengan “Ngaleseng”, nampaknya terlihat sangat meriah dan Alhamdulillah berhasil dilaksanakan dengan lancar, tentunya ini berkat gotong royong dan dukungan dari semua pihak, yang utama dari dukungan wali murid,  Ketua RT, Ketua RW dan juga tokoh masyarakat, tutupnya. 

Untuk diketahui, gelar kegiatan anak bukan seni tetapi pidato, ada yang dilakukan sendiri atau berkelompok, adapun materi dari pelajaran yg telah diberikan guru, untuk materi pidato, dibuat oleh gurunya, sedangkan anak hanya menghafal saja.

Reporter: D2

Print Friendly and PDF

BERITA INFORMASI RAKYAT