Budaya Seni Pencak Silat Digelar, Wabup Sebut Budaya’ ini Harus Mengakar dan Membumi di Sukabumi

MATANUSA.NET SUKABUMI –

Wakil Bupati Sukabumi H.Iyos Somantri membuka gelar budaya pencak silat tahun 2022 se-korwil 3 Sukabumi yang di tandai dengan pemukulan gong di GOR BOMAS – Kp.Bojong Masjid kelurahan Cibadak Kecamatan Cibadak (24/12).

Kegiatan yang di awali dengan pementasan seni pencak silat bubuka nayaga tersebut mengusung tema “Bersatu Mempertahankan Budaya Bangsa Berdiri Membangun Prestasi” dan diikuti oleh 200 peserta.

Fauzi Novian selaku Ketua Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) Cibadak melaporkan bahwa kegiatan tersebut di laksanakan sebagai ajang sosialisasi peraturan baru.

“Kegiatan ini Kami jalankan sesuai agenda kerja wilayah 3 di bidang seni tradisi ini salah satu tujuan kami dalam kegiatan gelar budaya pencaksilat ini. dengan sasaran kegiatan semua paguron di wilayah 3 sesuai dengan peraturan baru yang sedang di sosialisasikan” ungkapnya.

Di tempat yang sama Wabup mengatakan bahwa budaya pencak silat ini harus mengakar dan membumi di Kabupaten Sukabumi.

inilah budaya kita yang sudah di akui oleh unesco karenanya kita harus bangga menjadi warga Indonesia khususnya warga sukabumi. Mari kita bersama mempertahankan budaya pencak silat serta membangun prestasi ” jelasnya.

“IPSI dan PPSI harus punya prestasi agar kita semua bisa berbicara di kancah yang lebih besar saya ingin kabupaten sukabumi lebih gebyar dan lebih meningkat lagi baik itu budaya maupun prestasi kita semua terus menyosialisasikan agar budaya ini betul betul ,bisa di rasakan dan bisa di manfaatkan oleh seluruh masyarakat” terangnya.

Masih di katakan Wabup para pesilat harus mempunyai ilmu yang hebat dan jiwa yang kuat inilah yang harus diperhatikan oleh semua pihak.

“Saya berharap bagaimana memasarakatkan budaya pencak silat ini di kabupaten sukabumi khususnya di wilayah 3 kita juga ingin mengembangkan sebuah prestasi pencaksilat itu sendiri melalui IPSI oleh karena itu masyarakat semua harus berkolaborasi mendorong pengembangan budaya pencaksilat” pungkasnya.

Pada kesempatan tersebut dilakukan pembagian doorprize oleh Wakil Bupati kepada peserta dan Warga setempat.

Red/D2