Mendapat Dukungan Penuh, Ketum Pro GP Bersama Masyarakat dan Intansi Terkait Gelar Bersih Pantai Palabuharatu

|Reporter : Wahyu Humaedi|

MATANUSA.NET SUKABUMI –

Sebagai wujud dalam tanggung jawab terhadap lingkungan serta menjaga keasrian dari satu wilayah, hal tersebut merupakan hal yang sudah di anggap sebagai aset, terlebih dalam menjaga  destinasi pariwisata di Kabupaten Sukabumi, untuk itu pada hari Minggu tanggal 11 Juni 2023, Tim relawan Pro GP  (Ganjar pranowo) yang di pimpin langsung oleh Dr.Suriyanto PD. SH, MH,M selaku Ketua Umum, melaksanakan kegiatan Bhakti sosial bersih- bersih Pantai di sepanjang pantai pelabuan ratu. 

Adapun kegiatan tersebut mendapatkan apresiasi dan warga masyarakat pesisir pantai antusias serta berbondong – bondong, ikut bergabung dengan tim P.ro GP, melaksanakan kegiatan tersebut.

Kepad matanusa.net, disela bersih -bersig pantai ketua Tim Pro GP menyampaikan, bahwa kegiatan ini adalah  bentuk kepedulian sosial terhadap lingkungan serta memiliki rasa tanggung terhadap ke Asrian aset yang berada di kabupaten Sukabumi ini, ucapnya, Minggu (11/6/23).

Lanjut dikatakan, beliau juga memberikan apresiasi terutama kepada dinas pariwisata yang telah memperhatikan dan membuat perubahan untuk keadaan di wilayah pantai di sepanjang pelabuhan ratu yang tadinya kumuh sampah berserakan atas peringatan-peringatan yang kita lakukan sekarang sudah sangat di perhatikan.

” Dan saya minta dinas lingkungan hidup dan pariwisata harus lebih bersatu bersinergi jangan hanya sampah saja yang di perhatikan tapi tata letak bangunan-bangunan di sepanjang pantai pun harus di perhatikan, mana saja yang ada gubuk reyot yang sudah tidak terpakai disitu ada tugas Pemda bukan tugas karangtaruna untuk membersihkannya, ungkapnya.

Lebih jauh, terkait koordinasi penggunaan lahan sepadan pantai ini harusnya koordinasi langsung kepada dinas Pariwisata juga kepada karang taruna. Karang taruna memang harus di libatkan,  sebagai generasi muda akan tetapi koordinasi yang dilakukan harus jelas.

Jadi dapat tertata dengan baik yang nanti nya apa bila pantai pelabuhan ini diurus dengan baik oleh dinas pariwisata dan lingkungan hidup tentu akan meningkatkan tarap hidup masyarakat di daerah sekitar pantai, serta meningkatkan UMKM dengan banyaknya pengunjung pariwisata yang datang.

Disisi lain, ” mengenai tingkat keamanan pasti saya menghimbau, seperti halnya disini ada Polairud, Polres, Polsek, tentunya diharapkan harus lebih komprehensif memberikan perlindungan terhadap wisatawan -wisatawan yang datang baik lokal atau mancanegara ke pantai Palabuhanratu “. 

Terakhir, harapan kedepannya untuk Palabuhanratu ini, Bupati Sukabumi harus sangat memperhatikan wilayah pantai ini, juga Forkopimda di kabupaten Sukabumi jangan sampai ini wilayah jatuh ke tangan asing itu harapannya. Utamanya, harus di perhatikan untuk tatanan-tatanan pengelolaan nya supaya lebih baik di masa depannya.