Duar! Motor Meledak Usai Isi BBM di SPBU Ongkrak, Picu Kebakaran Hebat

Tampak Kebakaran Hebat di SPBU Ongkrak Cibadak, Dipicu Ledakan Motor Setelah Isi BBM. (Foto: Tangkapan Layar Video Viral).

Matanusa, Sukabumi – Kebakaran hebat terjadi di Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) Ongkrak, Desa Pamuruyan, Kecamatan Cibadak, Kabupaten Sukabumi, pada pukul 11.30 WIB. Insiden ini bermula dari sebuah motor yang meledak setelah mengisi bahan bakar jenis pertalite.

Menurut keterangan Wadanton Pos V Damkar Cibadak Kabupaten Sukabumi, Heri Hermawan, kebakaran tersebut diawali oleh percikan api yang muncul dari motor setelah pengisian BBM. “Motor tersebut mengeluarkan api dan meledak, sehingga menyambar bangunan pom bensin. Beruntung api tidak mengenai dispenser BBM, tetapi meluas ke area perkantoran,” jelas Heri, pada Sabtu (24/8/2024).

Lebih lanjut, Heri mengungkapkan bahwa setelah motor selesai mengisi BBM, kendaraan tersebut dipindahkan ke area perkantoran. Namun, ketika pengendara mencoba menyalakan mesin, motor tersebut tiba-tiba meledak. “Dugaan sementara, ada masalah pada sistem perkabelan dan kebocoran tangki BBM pada motor tersebut, yang kemudian memicu percikan api saat mesin dinyalakan,” tambahnya.

Akibat ledakan tersebut, api dengan cepat menjalar ke atap dan plafon perkantoran SPBU, terutama membakar bagian AC dan instalasi kabel. Namun, berkat penanganan cepat menggunakan Alat Pemadam Api Ringan (APAR) dan Alat Pemadam Api Berat (APAB), api berhasil dipadamkan dalam waktu sekitar 30 menit sebelum merembet lebih jauh.

Meski begitu, kerugian materi akibat kebakaran ini masih dalam proses perhitungan. Saat ini, SPBU Ongkrak telah dinyatakan aman dan sudah kembali beroperasi seperti biasa. Warga di sekitar lokasi kejadian sempat panik dan insiden ini juga menyebabkan kemacetan karena banyak kendaraan yang berhenti untuk mendokumentasikan peristiwa tersebut.

Pos terkait