Bupati Sukabumi Luncurkan Lomba Desa dan Kelurahan Bersih Narkoba 2024

Foto: Dokpim.

Matanusa, Sukabumi – Bupati Sukabumi, H. Marwan Hamami, meresmikan lomba Desa dan Kelurahan Bersih Narkoba (Desa Bersinar) se-Kabupaten Sukabumi Tahun 2024. Acara tersebut berlangsung di Aula Sekretariat Daerah Kabupaten Sukabumi, pada Rabu (03/07/2024).

Lomba Desa dan Kelurahan Bersinar ini merupakan salah satu langkah penting dalam upaya pencegahan penyalahgunaan narkotika dan obat-obatan terlarang di tingkat desa. Bupati Marwan Hamami menyatakan bahwa inisiatif ini adalah upaya mandiri yang dikelola oleh pemerintah desa bersama masyarakat untuk mencegah dan menangani penyalahgunaan narkoba.

“Program ini sejalan dengan prioritas pembangunan nasional yang dimulai dari desa. Untuk mencapai keberhasilan pembangunan, diperlukan desa yang kondusif, termasuk lingkungan yang bebas narkoba,” ujar Bupati.

Ia juga mengungkapkan kebanggaannya terhadap antusiasme desa dan kelurahan yang berpartisipasi dalam lomba ini. Menurutnya, hal ini menunjukkan keseriusan Pemerintah Kabupaten Sukabumi dalam membentuk generasi Indonesia Emas yang bebas narkoba.

“Penyalahgunaan narkoba adalah salah satu kejahatan luar biasa. Oleh karena itu, pemerintah harus bersinergi untuk mengambil langkah-langkah strategis dalam melawan dan memerangi narkoba,” tambahnya.

Bupati berharap, lomba Desa Bersinar dapat memperkuat upaya pencegahan dini dan edukasi masyarakat mengenai bahaya narkoba.

Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN) Kabupaten Sukabumi, Sudirman, menjelaskan bahwa lomba Bersinar ini merupakan bagian dari peringatan Hari Anti Narkotika Internasional (HANI) tahun 2024. Lomba ini terbuka bagi ratusan desa di Kabupaten Sukabumi.

“Kami telah mengajak semua desa, kelurahan, dan kecamatan di Kabupaten Sukabumi untuk menggemakan program ini kepada masyarakat dalam menekan peredaran narkotika,” terang Sudirman.

Sudirman juga menyebutkan bahwa penyalahgunaan narkotika banyak terjadi di kalangan remaja. Ia mengajak semua pihak untuk bersatu memerangi narkotika dalam rangka menyongsong Indonesia Emas 2045.

“Mari kita gerakan semangat perang melawan narkoba menuju Indonesia Bersinar,” tandasnya.

Dalam kesempatan tersebut, dilakukan penyerahan piala penghargaan secara simbolis oleh Kepala BNN kepada beberapa instansi yang berkontribusi dalam upaya pemberantasan narkoba.

Pos terkait