Rapat Ketahanan Pangan Bersama Gapoktan dan KTNA Parungkuda, Bahas Optimalisasi Dana Desa Bagi Para Kelompok Tani

Red/D2

MATANUSA.NET SUKABUMI –

Ketahanan pangan merupakan program yang bertujuan untuk memperbaiki kualitas belanja Desa dan meningkatkan kapasitas aparatur dan masyarakat Desa. Program ketahanan pangan menjadi salah satu prioritas nasional.

Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) dan KTNA Desa Parungkuda, Kecamatan Parungkuda, Kabupaten Sukabumi, menggelar kegiatan rapat terkait ketahanan pangan. Adapun rapat bertempat di aula Kantor Desa Parungkuda.

Ketua KTNA H Hudri menyampaikan, bahwa rapat kali ini dilakukan dalam rangka memanfaatkan dan memantapkan program ketahanan pangan yang berkaitan dengan anggaran dana desa, Ucap H Hudri kepada awak media matanusa.net, Rabu (26/7/23).

Lanjutnya, dirinya berharap dalam rapat kali ini, segala usul dan masukan guna program pertanian di wilayah desa Parungkuda bisa berjalan maksimal. Intinya, kepada pihak pemerintah desa agar dapat menggandeng dan sinergis terkait anggaran dana desa yang berkaitan dengan kelompok tani, pintanya.

Sementara itu H Hendro Setiobudi selaku ketua Gapoktan Tiram Mandiri masyarakat, menyampaikan, bahwa anggaran pertanian di desa kami ada di prosentase 20 persen. Pihaknya berharap wadah Gapoktan yang ia kelola dapat dilibatkan sesuai dengan tupoksi dan kapasitas nya, ucap Hendro.

Ia seringkali komunikasi terkait perkembangan dalam bentuk kelompok tani dengan desa sekitar, salah satunya dengan Gapoktan Desa Kompa. Mari kita tingkatkan ekonomi kemajuan desa dengan menggalakan program desa bagi para petani pungkasnya.

Pada kesempatan rapat dihadiri oleh, Ketua KTNA, Ketua Gapoktan Parungkuda, dan beberapa Gapoktan di kecamatan Parungkuda.