Tingkatkan Kualitas Tempat Tinggal, 20 Unit Rutilahu Terserap di Desa Lembur Sawah Sukabumi

Caption : Tampak rumah milik warga ketika dalam proses perbaikan, dalam program Rutilahu, Desa Lembur Sawah, Cicantayan, Sukabumi.
(Foto : matanusa.net/Heri).

Hery Setiawan/Red

MATANUSA.NET SUKABUMI –

Bentuk perhatian Pemerintah kepada masyarakat salah satunya dalam bidang sosial dan ekonomi. Seperti kita ketahui yaitu program Rumah Tidak layak Huni (Rutilahu).

Rutilahu merupakan program dari Pemerintah yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas tempat tinggal bagi warga miskin. Melalui Perbaikan /rehabilitas kondisi rumah yang tidak layak huni.

Desa Lembur Sawah, Kecamatan Cicantayan, Kabupaten Sukabumi tahun ini melaksanakan Program (Rutilahu) dengan jumlah 20 unit rumah.

Ade Rahmat salah satu warga Rt 03/06 Desa Lembur sawah, Cicantayan, Sukabumi mengatakan, saya mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Pemerintah Provinsi dan Kabupaten Sukabumi, atas bantuan pembuatan Rumah kami, sebelumnya kumuh kini menjadi rumah layak huni, tuturnya, Minggu (6/8/23).

Senada, penerima manfaat lain sebut saja  Ibah, warga Kampung Genteng Rt 04/06, juga menyampaikan, awalnya rumah kami nampaknya kurang layak untuk di huni, terlebih seringkali was -was atau kaget ketika sedang kami tempati, karena kondisi bangunan atap rumah sudah lapuk. 

“Alhamdulilah, untuk saat ini rumah yang kami tempati sedang dalam proses pengerjaan”. Kami dan keluarga merasa sangat berbahagia, karena rumah kami nantinya akan merasa nyaman dan layak huni, ucap warga yang enggan disebutkan namanya.

Awan Setiawan Ketua BKM Baitul Masyakin, Desa Lembur Sawah.

Sementara itu, Awan Setiawan Ketua BKM Baitul Masyakin, Desa Lembur Sawah, ketika disinggung terkait program Rutilahu ini dia mengatakan, pembangunan Rutilahu yang sedang dilaksanakan di Desa Lembur Sawah berjumlah 20 unit, ucapnya.

Untuk itu, kami sangat bersyukur dengan adanya Program Rutilahu dari Pemerintah Provinsi melalui Disperkim Kabupaten Sukabumi tahun 2023 ini.

Sekali lagi lanjut kata Awan, kami sampaikan apresiasi dan ucapkan terima kasih kepada semua lapisan masyarakat Desa Lembur sawah, baik dalam mengikuti pembangunan, juga dalam mendukung Program Rutilahu ini. Alhamdulillah pembangunan berjalan lancar dan kondusif, jelasnya.