Sekda Ade Pinta Data Akurat dari Perangkat Daerah untuk Podes 2024

Foto: Dokpim.

Matanusa, Sukabumi – Sekretaris Daerah Kabupaten Sukabumi, Ade Suryaman, menginstruksikan kepada seluruh perangkat daerah, camat, dan kepala desa untuk memberikan data yang akurat kepada Badan Pusat Statistik (BPS) terkait potensi wilayah masing-masing.

Permintaan ini disampaikan Sekda saat menerima kunjungan BPS Kabupaten Sukabumi dan dalam wawancara dukungan pendataan potensi kabupaten pada kegiatan Podes 2024 yang berlangsung di Pendopo Sukabumi, pada Selasa (14/05/2024).

“Saya berharap dengan pendataan yang baik, potensi Kabupaten Sukabumi bisa terdorong secara keseluruhan. Jangan sampai pendataan ini asal-asalan sehingga tidak akurat,” tegas Ade Suryaman.

Kepala BPS Kabupaten Sukabumi, Urip Sugeng Santoso, menjelaskan bahwa Podes (Pendataan Potensi Desa) adalah pendataan lengkap kewilayahan yang memberikan gambaran potensi yang dimiliki oleh suatu wilayah di tingkat desa, kecamatan, dan kabupaten/kota di seluruh Indonesia. Kegiatan Podes ini berlangsung dari tanggal 2 hingga 31 Mei 2024.

“Podes mampu menggambarkan potensi yang dimiliki oleh suatu wilayah di tingkat desa, kecamatan, dan kabupaten/kota di seluruh Indonesia. Output data yang diperoleh dari wawancara dengan para narasumber Podes ini (aparat desa, kecamatan, sekretaris daerah/narasumber lain yang relevan) nantinya dapat dipergunakan dalam penyusunan Indeks Kesulitan Geografis (IKG) dan Indeks Desa (ID),” ujar Urip Sugeng Santoso.

Ia menambahkan bahwa salah satu tujuan Podes juga adalah untuk menyediakan data tentang keberadaan dan perkembangan potensi yang dimiliki desa yang meliputi aspek sosial, ekonomi, serta sarana dan prasarana wilayah. Dengan data yang akurat, diharapkan dapat membantu dalam perencanaan dan pembangunan daerah yang lebih baik.

Kegiatan Podes 2024 ini diharapkan dapat memberikan gambaran yang jelas dan terperinci mengenai potensi Kabupaten Sukabumi, sehingga dapat dimanfaatkan untuk mendorong pembangunan yang lebih terarah dan tepat sasaran.

Pos terkait