Workshop Multi Stakeholder Forum “Yess Program” Sekdistan ” Bentuk Ekosistem Kewirausahaan Berbasis Cluster Unggulan

Redaksi/D2

MATANUSA.NET SUKABUMI –

Sekretaris Dinas Pertanian (Distan) Kabupaten Sukabumi, Iman Surahman, SP, MSi mengikuti Workshop National Multi Stakeholder Forum, Yess Program.

Kegiatan Yess Program bertempat di Hotel Royal Tulip Darmo Surabaya, Sabtu 09 Agustus hingga 12 Agustus 2023.

Kegiatan Workshop ini bertujuan untuk membangun ekosistem kewirausahaan pertanian pasca berakhirnya Yess Program yang diproyeksikan pada tahun 2025.

Kepada media matanusa.net, Iman Surahman menyampaikan, ekosistem kewirausahaan pertanian akan mentransformasikan agrikultur yang ada, dan menjadi agrobisnis yang dapat meningkatkan produktifitas kesejahteraan petani, kata Imam, Rabu (16/8/23).

Lebih jauh dikatakan Iman, Workshop ini dilaksanakan selama 4 hari di Surabaya dengan rangkaian acara yang mengarahkan pada upaya pembentukan Ekosistem kewirausahaan berbasis cluster komoditi unggulan.

Tampak Sekretaris Dinas Pertanian (Distan) Kabupaten Sukabumi, Iman Surahman, SP, MSi, mengenakan kemjea Cream, ketika mengikuti Workshop National Multi Stakeholder Forum, Yess Program, di Surabaya.


Selain Kementan, dalam workshop ini terlibat juga Bappenas, KemenKopUKM, Kemenko PMK, Kemendagri dan seluruh stakeholder Yess Program termasuk perwakilan Youth Ambassador Yess dan Pemda yang terlibat, ulasnya.

Selain FGD yang intensif dan classical method, workshop ini juga diperkaya dengan pembelajaran dari best practice di cluster Kentang, cluster Paprika dan cluster Cabe di Kabupaten Pasuruan.

Pelajaran penting dari workshop ini adalah pentingnya sinergi dan kolaborasi dalam mentransformasikan agrikultur ke agribisnis melalui Ekosistem kewirausahaan berbasis kluster komoditi unggulan, pungkasnya.