Plt Camat Sukaraja Buka Penyuluhan TBC, Upaya Tingkatkan Kesadaran Masyarakat Pasirhalang

Foto: Dokpim.

Matanusa, Sukabumi – Pelaksana Tugas (Plt) Camat Sukaraja, Kabupaten Sukabumi, Arid Ahmad Ridwan, secara resmi membuka acara Penyuluhan dan Pelatihan Bidang Kesehatan Tuberculosis (TBC) di Desa Pasirhalang, Kecamatan Sukaraja, pada Selasa (3/9/2024). Acara ini berlangsung di Aula Desa Pasirhalang dengan dihadiri oleh berbagai elemen masyarakat setempat.

Dalam sambutannya, Arid Ahmad Ridwan menegaskan bahwa penyuluhan dan pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat tentang bahaya penyakit TBC. Ia berharap, para kader Posyandu yang mengikuti acara ini dapat menyebarluaskan pengetahuan yang didapat kepada masyarakat luas.

“TB masih menjadi masalah serius yang perlu diperhatikan di Indonesia. Seperti halnya COVID-19, TB umumnya menyerang paru-paru dengan gejala yang mirip. Tuberkulosis merupakan penyakit menular yang disebabkan oleh Mycobacterium tuberculosis dan dapat menyerang paru-paru serta organ tubuh lainnya,” ujar Arid.

Lebih lanjut, Arid menyampaikan harapannya agar penyuluhan dan pelatihan ini dapat memberikan manfaat bagi seluruh peserta. “Mudah-mudahan dengan adanya penyuluhan dan pelatihan bidang kesehatan ini, kita semua bisa mendapatkan pengetahuan yang berguna karena kesehatan itu mahal harganya. Acara ini penting untuk diselenggarakan agar kita bisa diberi pengarahan tentang hidup sehat dan menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari,” tambahnya.

Sementara itu, Kepala Desa Pasirhalang, Yusup Purnama, selaku penyelenggara acara, menjelaskan bahwa tujuan dari penyuluhan dan pelatihan ini adalah untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat tentang gejala-gejala TBC,” terangnya.

“Pelatihan ini diikuti oleh 50 peserta dari perwakilan Posyandu se-Desa Pasirhalang, dengan pemateri dari Puskesmas Sukaraja,” tutup Yusup.

Acara ini diharapkan dapat menjadi langkah awal dalam meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya pencegahan dan penanganan dini penyakit TBC, yang masih menjadi ancaman kesehatan masyarakat di Indonesia.

Pos terkait