Wabup Sukabumi Apresiasi Simulasi Pemilu 2024, Langkah Tepat untuk Pemungutan Suara yang Lancar

Foto: Doc. Pemkab Sukabumi

Matanusa, Sukabumi – Wakil Bupati Sukabumi, H. Iyos Somantri, menghadiri Simulasi Pemungutan Suara dan Penghitungan Suara Pemilu 2024 di SD Pasirhalang, Kecamatan Sukaraja, pada Minggu (28/01/24).

Ketua KPU Kabupaten Sukabumi, Kasmin Belle, menyoroti kepentingan simulasi untuk mengidentifikasi potensi kendala dan melakukan mitigasi dini, terutama dalam mengukur waktu proses pemungutan dan penghitungan suara. Simulasi ini juga dianggap sebagai alat sosialisasi bagi masyarakat Kabupaten Sukabumi.

“Simulasi ini memungkinkan kita untuk mengukur kecukupan waktu dalam proses rekapitulasi perhitungan, khususnya di lima jenis kertas suara,” ujarnya.

Wakil Bupati Sukabumi menilai pentingnya simulasi ini untuk mengevaluasi kekurangan, memperkirakan waktu pelaksanaan pemungutan hingga penghitungan perolehan suara di TPS, sehingga pelaksanaan sebenarnya dapat berjalan lancar.

“Saya atas nama Pemerintah Daerah Kabupaten Sukabumi menyampaikan apresiasi atas kerja keras dan komitmen KPU Kabupaten Sukabumi, penyelenggara pemilu, relawan, serta semua yang terlibat dalam proses Simulasi Pemungutan dan Penghitungan Suara Pemilu 2024 hari ini,” ungkapnya.

Simulasi ini melibatkan warga TPS 12 Desa Pasirhalang, Kecamatan Sukaraja, sebagai bentuk partisipasi aktif dalam proses demokrasi.

“Partisipasi aktif dalam proses demokrasi ini adalah bentuk nyata dari komitmen kita bersama untuk mewujudkan pemerintahan yang berkeadilan, transparan, dan akuntabel,” tambah Wabup.

Wabup menegaskan pentingnya simulasi ini untuk mencegah keterlambatan pemungutan dan perhitungan suara, serta mengatasi permasalahan dalam pelaksanaan demokrasi di Kabupaten Sukabumi.

“Pada momen inilah akan terjadi proses edukasi efektif tentang estimasi waktu proses pemungutan suara dan penghitungan suara. Sebagai tambahan, segenap petugas PPK, PPS, serta KPPS semakin memahami mekanisme dan alur pemungutan suara, penghitungan suara, dan rekapitulasi suara, termasuk penggunaan aplikasi Sirekap (Sistem Informasi Rekapitulasi Suara),” pungkasnya.

Acara tersebut dihadiri oleh Kapolres Sukabumi, Dandim 0607 Sukabumi, Assisten Pemkesra, Kaban Kesbangpol, Kejari Sukabumi, Satpol PP, Kabag Tapem, serta Camat Sukaraja.

Pos terkait