Sekda Ade Terima Audiensi DT Peduli, Persiapan Peresmian Huntap di Desa Kertangsana

Foto: Dokpim.

Matanusa, Sukabumi – Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Sukabumi, H. Ade Suryaman, menerima audiensi dari DT Peduli terkait persiapan peresmian Program Pembangunan Hunian Tetap (Huntap) di Desa Kertangsana, Kecamatan Nyalindung. Audiensi ini dilaksanakan di Pendopo Sukabumi, pada Jumat (02/08/2024).

Dalam pertemuan tersebut, Azis Asmarokondi dari DT Peduli menjelaskan bahwa sebanyak 129 unit Huntap di Kampung Haji BPKH Nyalindung telah rampung dibangun dan sudah ditempati oleh warga setempat. Pembangunan Huntap Kampung Haji ini dimulai sejak tahun 2023 dan berhasil diselesaikan pada 2024, dengan dukungan penuh dari Badan Pengelola Keuangan Haji (BPKH) yang bekerja sama dengan DT Peduli Sukabumi. Oleh karena itu, kawasan ini dinamakan Kampung Haji.

Kampung Haji ini dibangun di atas lahan seluas lima hektar yang terletak di Kampung Cimenteng, Desa Kertangsana, Kecamatan Nyalindung, Kabupaten Sukabumi. Pemerintah Kabupaten Sukabumi telah menyiapkan lahan dan fasilitas listrik untuk mendukung pembangunan ini. Selain hunian, fasilitas umum seperti masjid, toilet umum, dan sarana listrik juga telah selesai dibangun.

Namun, fasilitas jalan dan drainase yang juga difasilitasi oleh Pemda Kabupaten masih dalam proses pengerjaan. “Peresmian Huntap ini diharapkan dapat dilaksanakan pada awal Agustus 2024. Semoga tidak ada kendala dan dapat terlaksana serta dimudahkan oleh Allah SWT,” ujar Azis.

Sebagai ciri khas dari Kampung Haji, selain hunian, kampung ini juga dilengkapi dengan masjid dan taman BPKH yang mencakup miniatur Ka’bah, Hijr Ismail, Maqam Ibrahim, dan trek Safa-Marwah. Fasilitas ini diharapkan dapat menjadi pusat aktivitas keagamaan dan wisata religi bagi masyarakat setempat dan sekitarnya.

Sekda H. Ade Suryaman mengapresiasi pembangunan Huntap tersebut dan mengucapkan terima kasih kepada BPKH dan DT Peduli yang telah berpartisipasi dalam pembangunan yang sangat bermanfaat bagi masyarakat terdampak bencana pergerakan tanah. Sekda juga mengingatkan kepada masyarakat penerima manfaat Huntap untuk menjaga dan memelihara fasilitas yang telah disediakan dengan baik.

“Ke depannya, pembangunan ini diharapkan dapat bermanfaat dan berkembang dalam bidang pariwisata serta ekonomi berkelanjutan, sehingga dampak positifnya bisa dirasakan oleh masyarakat luas,” kata Sekda.

Sekda juga berharap adanya kolaborasi dari semua stakeholder terkait untuk menyukseskan peresmian Huntap ini. “Rencananya, Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) RI, Muhadjir Effendi, akan hadir di acara ini. Semoga rangkaian acara bisa berjalan dengan lancar dan sukses,” pungkasnya.

Dengan adanya peresmian Huntap Kampung Haji ini, diharapkan dapat meningkatkan kualitas hidup masyarakat setempat, serta menjadi model pembangunan hunian tetap bagi daerah lain yang terdampak bencana.

Pos terkait