Peringati HUT ke-73 IBI: Bupati Sukabumi Ajak Bidan Tingkatkan Peran dalam Mengatasi Krisis Kesehatan

Foto: Dokpim.

Matanusa, Sukabumi – Bupati Sukabumi, H Marwan Hamami, didampingi oleh Sekretaris Daerah H Ade Suryaman, menghadiri puncak peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-73 Ikatan Bidan Indonesia (IBI) Kabupaten Sukabumi. Acara tersebut berlangsung, pada Sabtu (10/08/2024), di Grand Inna Samudera Beach Hotel Palabuhanratu, Kecamatan Cikakak.

HUT ke-73 IBI tahun ini mengusung tema “Peran Bidan dalam Penguatan Ketahanan Nasional pada Krisis Iklim melalui Sinergi dan Kolaborasi”. Dalam sambutannya, Bupati H Marwan Hamami menyatakan bahwa di usia ke-73 tahun, IBI telah menjadi organisasi profesi yang matang dan terus berperan penting dalam mengatasi berbagai isu kesehatan di masyarakat, seperti stunting dan masalah kesehatan lainnya.

“Bidan harus mampu menjadi penggerak dan jembatan di tengah-tengah masyarakat,” ujar Bupati Marwan. Ia juga menekankan pentingnya sinergi antara bidan dan Pemerintah Kabupaten Sukabumi untuk memperkuat peran bidan dalam pembangunan kesehatan di daerah.

Ketua Pengurus Cabang IBI Kabupaten Sukabumi, Ani Andriyani, menyatakan bahwa IBI Sukabumi akan terus melakukan terobosan dalam memperkuat pembangunan kesehatan, terutama dalam meningkatkan kesehatan ibu dan anak guna mempersiapkan generasi yang berkualitas. “Kami berkomitmen untuk terus berkontribusi mendukung program pemerintah daerah dalam mencapai target kesehatan,” ujarnya.

Acara puncak peringatan ini diikuti oleh 1.684 bidan se-Kabupaten Sukabumi, dengan 712 bidan hadir secara langsung dan 972 bidan mengikuti secara daring. Selain itu, pada kesempatan tersebut, Bupati Sukabumi dan Sekda H Ade Suryaman juga menyerahkan berbagai penghargaan serta santunan kepada anak yatim dan ibu hamil,” punkasnya.

Peringatan HUT ke-73 IBI ini diharapkan dapat semakin memperkuat peran bidan dalam meningkatkan derajat kesehatan masyarakat di Kabupaten Sukabumi.

Pos terkait