Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Tinjau Kesiapan Pasokan Air Bersih di IKN

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono Pantau Langsung Pasokan Air Bersih di IKN. (Foto: PUPR).

Matanusa, Jakarta – Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono, berangkat ke Ibu Kota Nusantara (IKN) pada hari ini, pada Jumat (19/7/2024), untuk memeriksa kesiapan pasokan air bersih di kawasan tersebut.

Basuki menyatakan bahwa air bersih siap minum sudah mulai mengalir ke IKN. Direktur Jenderal Cipta Karya, Diana Kusumastuti, telah tiba lebih dulu untuk menyiapkan proses pengaliran air tersebut. “Insya Allah sudah mengalir. Lagi dites ini, Bu Diana kan di sana (mengetes),” ujar Basuki di Kantor Kementerian PUPR, Jakarta Selatan.

Namun, saat ini air baru mengalir di area tertentu dengan harapan proses pengaliran selesai malam ini. “Sudah (mengalir), tapi baru STA-STA (stasiun) tertentu. Ini akan terus (prosesnya berjalan) sampai nanti malam,” terangnya.

Selain memantau proses pengaliran air, keberangkatan Basuki juga bertujuan untuk memeriksa pembangunan IKN secara keseluruhan sebagai persiapan Upacara HUT RI ke-79. Beberapa pejabat PUPR, termasuk Diana dan Dirjen Perumahan Iwan Suprijanto, telah tiba lebih dulu di IKN,” tambahnya.

Sebagai tambahan, Ketua Satgas Pelaksanaan Pembangunan Infrastruktur IKN, Danis H. Sumadilaga, mengumumkan bahwa commissioning test air bersih sudah dimulai sejak Rabu (10/7/2024) pukul 22.00 WITA. Uji coba tahap 1, yaitu dry test atau running test mekanikal dan elektrikal di Instalasi Pengolahan Air (IPA) Sepaku, berhasil dilaksanakan dengan baik,” pungkasnya.

Tahap berikutnya akan menguji keandalan unit pengolahan pada sistem IPA dan kapasitas pengolahan 150 liter/detik menuju unit clearwell kapasitas 2.000m3. Tahap 3 adalah pengujian lengkap sistem penyediaan air minum yang akan mengalirkan air dari IPA Sepaku melalui pipa transmisi menuju reservoir induk kapasitas 2x6000m3. Diharapkan, pasokan air bersih bisa masuk ke KIPP pada pekan kedua Juli 2024, memastikan ketersediaan air bersih pada peringatan HUT RI ke-79 di IKN.

Pos terkait