Diinisiasi Bappelitbangda, Pemkab Sukabumi Gelar Koordinasi Satu Data 2024

Foto: Dokpim.

Matanusa, Sukabumi – Rapat Koordinasi Forum Satu Data Kabupaten Sukabumi Tahun 2024 digelar di Bale Pangripta Palabuhanratu, pada Senin (15/07/2024). Acara yang diselenggarakan oleh Bappelitbangda sebagai koordinator forum ini menjadi momentum penting bagi koordinasi dan sinkronisasi data di wilayah tersebut.

Acara dimulai dengan laporan penyelenggara dan sambutan dari Plh. Kepala Bappelitbangda, yang juga membuka acara tersebut. Tidak hanya itu, acara ini juga ditandai dengan penandatanganan Berita Acara Forum Satu Data Tingkat Kabupaten Sukabumi Tahun 2024.

Forum Satu Data Tingkat Kabupaten Sukabumi bertujuan sebagai wadah komunikasi yang efektif antara berbagai stakeholder untuk memantau dan mengevaluasi penyelenggaraan satu data di wilayah ini. Salah satu hasil konkret dari forum ini adalah penetapan daftar data yang akan diisi oleh produsen data, yakni perangkat daerah terkait melalui portal satudata.sukabumikab.go.id.

Rapat koordinasi ini juga diisi dengan presentasi dari berbagai pihak, antara lain Kepala Bidang PPEPD Bappelitbangda membahas tentang “Penyepakatan Daftar Data dan Data Prioritas Kabupaten Sukabumi”, Dinas Komunikasi Informatika dan Persandian membahas “Implementasi Open Data Kabupaten Sukabumi dan Integrasi dengan e-Walidata SIPD”, serta BPS Kabupaten Sukabumi yang fokus pada “Pembinaan Statistik Sektoral untuk Mewujudkan Satu Data Kabupaten Sukabumi”.

Acara dilanjutkan dengan sesi diskusi yang mempertemukan berbagai pemangku kepentingan untuk menyepakati daftar data dan data prioritas Kabupaten Sukabumi tahun 2024, yang menjadi langkah konkret dalam memperkuat infrastruktur data daerah untuk mendukung pembangunan yang berkelanjutan.

Pos terkait