Bupati Sukabumi Teken Kerja Sama Pengampuan Kesehatan dengan RSHS Bandung di RSUD Sekarwangi

Foto: Dokpim.

Matanusa, Sukabumi – Bupati Sukabumi H. Marwan Hamami menerima kunjungan Visitasi Pengampuan Rumah Sakit Hasan Sadikin (RSHS) ke RSUD Sekarwangi sekaligus melakukan penandatanganan perjanjian kerja sama pengampuan untuk penguatan akses dan mutu pelayanan kesehatan serta pendidikan. Acara tersebut berlangsung di Aula RSUD Sekarwangi, pada Jumat (12/07/2024).

Direktur RSUD Sekarwangi, dr. Gatot Sugiharto, Sp.B., MARS, menyampaikan rasa bangganya atas kunjungan ini. RSUD Sekarwangi menjadi yang pertama dikunjungi oleh RSHS Bandung dalam kegiatan Pengampuan Kanker, Jantung, Stroke, dan Uronefrologi (KJSU). Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan derajat kesehatan di Kabupaten Sukabumi.

“Selain itu, kami juga mohon dukungannya sehubungan dengan Kabupaten Sukabumi yang akan menjadi tuan rumah HCS pada bulan Juli 2024, semoga bisa berjalan lancar dan sukses,” ungkap dr. Gatot.

Dalam sambutannya, Bupati Sukabumi menjelaskan bahwa penandatanganan kesepakatan ini bertujuan untuk meningkatkan pelayanan kesehatan bagi masyarakat, khususnya di Kabupaten Sukabumi.

“Alhamdulillah, RSHS Bandung bisa bekerja sama dalam Pengampuan KJSU. RSUD Sekarwangi harus kita dorong untuk menjawab persoalan-persoalan kesehatan agar derajat kesehatan masyarakat Kabupaten Sukabumi meningkat,” ujarnya.

Bupati juga menuturkan bahwa selama ini banyak pasien dari daerah, khususnya Sukabumi, yang dirujuk ke RSHS. Oleh karena itu, kerja sama ini diharapkan dapat meningkatkan kemampuan RSUD Sekarwangi dalam berbagai pelayanan kesehatan.

“Ada dua aspek kerja sama, pertama dalam aspek pengembangan kompetensi sumber daya manusia di rumah sakit kita. Kedua adalah untuk layanan rujukan penyakit utama seperti Kanker, Stroke, Jantung, dan Uronefrologi (KJSU),” tambahnya.

Dengan adanya kerja sama ini, bupati ingin rumah sakit yang ada di Kabupaten Sukabumi memiliki dukungan untuk perbaikan dan peningkatan kualitas pelayanan kesehatan masyarakat, selain yang telah diberikan oleh pemerintah daerah, Dinas Kesehatan Kabupaten Sukabumi, maupun Kementerian Kesehatan RI.

“Harapannya dengan adanya kerja sama ini kita punya dukungan lebih lagi untuk perbaikan layanan dan SDM, sehingga nanti kualitas layanan kesehatan Kabupaten Sukabumi bisa meningkat,” pungkasnya.

Acara diakhiri dengan penandatanganan MoU antara RSHS Bandung dengan RSUD Sekarwangi yang diwakili oleh Direktur masing-masing rumah sakit dan disaksikan oleh Bupati Sukabumi H. Marwan Hamami.

Pos terkait