Puluhan Peserta Ikuti Lomba Mancing Pinggiran, Bupati Cup 2024 di Sukabumi

Foto: Dokpim.

Matanusa, Sukabumi – Puluhan peserta dari berbagai daerah ambil bagian dalam Lomba Mancing Pinggiran (Ngabalang) Bupati Cup 2024 yang digelar di Pantai Sangrawayang, Desa Sangrawayang, Kecamatan Simpenan, pada Kamis (23/05/2024). Acara ini dibuka langsung oleh Bupati Sukabumi, H Marwan Hamami.

Bupati Sukabumi menyatakan bahwa lomba Ngabalang ini merupakan ajang promosi wilayah sekaligus untuk menggugah kesadaran masyarakat dalam pengembangan kawasan destinasi wisata.

“Jika kegiatan seperti ini rutin dilakukan, maka pemberdayaan kawasan akan lebih mudah,” ujar Bupati Marwan Hamami.

Menurutnya, kawasan Sangrawayang sangat prospektif untuk pengembangan wisata pancing karena memiliki hamparan terumbu karang yang kaya akan ikan.

“Tempat ini sangat berpotensi jika dikelola dengan baik. Mari kita jaga habitat alam di sini,” tambahnya.

Penyelenggaraan lomba Ngabalang di Pantai Sangrawayang membuktikan bahwa wisata mancing sangat prospektif dalam menarik wisatawan, mengingat banyaknya peserta dari luar Kabupaten Sukabumi yang turut berpartisipasi.

Bupati juga mengajak masyarakat sekitar untuk menjaga dan mengelola kawasan ini dengan sebaik-baiknya.

“Rawat tempat ini dan hindari perusakan alam dengan menjaga kebersihan lingkungan,” tegasnya.

Plt Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Sukabumi, Jujun Juaeni, menambahkan bahwa pihaknya akan berupaya membina masyarakat agar dapat menjadi pelayan atau pedagang yang mampu memberikan kepuasan kepada pengunjung.

“Semoga wisatawan bisa merasakan banyak hal saat berwisata di tempat ini,” imbuhnya.

Kategori lomba adalah peserta yang mendapatkan ikan terberat akan menjadi juara. Juara pertama mendapatkan hadiah sebesar Rp2 juta, juara kedua Rp1,5 juta, dan juara ketiga Rp1 juta.

Lomba Ngabalang ditandai dengan lemparan pancing pertama oleh Bupati Sukabumi. Di sela-sela kegiatan, Bupati juga memberikan santunan kepada anak yatim dan panti jompo.

Pos terkait