P2WKSS di Kebonpedes, Bupati Minta Dukungan Stakeholder Dukung Tim Verifikasi

R.Iyan Satria/D2

MATANUSA.NET SUKABUMI –

Tim Verifikasi Provinsi Jawa Barat melakukan evaluasi akhir Program Peningkatan Peranan Wanita Menuju Keluarga Sehat Sejahtera (P2WKSS) di Desa Kebonpedes, Kecamatan Kebonpedes, Kabupaten Sukabumi. Bupati Sukabumi, H. Marwan Hamami, menyambut kunjungan tersebut di Balai Sawala Desa Kebonpedes pada (28/11/23).

BACA JUGA : PBB Minta Korut Tidak Kembangkan Senjata Nuklir

H. Marwan Hamami menyatakan apresiasi terhadap P2WKSS, menganggapnya sebagai program yang memperkuat sinergitas dan kolaborasi antarstakeholder untuk merubah tatanan masyarakat. Bupati juga meminta dukungan stakeholder dan Perangkat Daerah untuk mendukung tim verifikasi.

“Program P2WKSS di Desa Kebonpedes membawa perubahan signifikan. Semua bergotong-royong dan bersinergi untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Konsep ini luar biasa dan melibatkan semua pihak,” ungkap Bupati.

Program P2WKSS bertujuan mengembangkan Sumber Daya Manusia, Sumber Daya Alam, dan lingkungan melalui pembangunan partisipatif masyarakat, dengan perempuan sebagai penggerak utama.

Ketua Tim Verifikasi P2WKSS Jawa Barat, Ari Antari Ratna Dewi, menyampaikan apresiasi terhadap dukungan perangkat daerah dalam verifikasi. Ada lima aspek yang diperhatikan, termasuk pemberdayaan perempuan dalam kewirausahaan, peran ibu dalam pendidikan anak, penurunan kekerasan terhadap perempuan dan anak, penurunan pekerja anak, dan pencegahan perkawinan anak.

“Penguatan P2WKSS menjadi inovasi Pemprov Jabar dalam meningkatkan indeks pembangunan dan pemberdayaan gender,” ujarnya.

Tim Verifikasi juga mengapresiasi program “Perahu Kertas” yang digagas Pemkab Sukabumi, berharap kegiatan ini berkelanjutan dan dapat memberikan manfaat kepada masyarakat. Selanjutnya, dilakukan penyerahan buku laporan kegiatan P2WKSS dari TP PKK Desa Kebonpedes kepada Ketua Tim Penilai Provinsi Jawa Barat, yang diikuti dengan panen hasil pertanian. Evaluasi dilanjutkan di RW 08 Kp. Ranji,” pungkasnya.