Tragis… Rumah Lansia di Grobogan, Uang dan Emas Ludes Terbakar

Ari Nugroho/Red

MATANUSA.NET GROBOGAN-

Insiden kebakaran terjadi di rumah milik Suratmi, seorang warga Desa Sumurgede Kecamatan Godong Kabupaten Grobogan, Selasa (3/10/2023).

Kapolres Grobogan AKBP Dedy Anung Kurniawan melalui Kapolsek Godong Polres Grobogan Iptu Bambang Jumena mengatakan, peristiwa kebakaran awalnya diketahui langsung oleh korban.

Saat tidur, korban terbangun karena mendengar suara letusan kecil. Saat mencari sumber suara tersebut, korban melihat ada kepulan api dari saklar lampu di ruang tengah yang kemudian menjalar hingga mengenai kayu dan kemudian membesar hingga membakar rumahnya.

Melihat kejadian tersebut, korban berlari menyelamatkan diri sambil berteriak minta tolong. Para tetangga yang mendengar teriakan tersebut, kemudian berdatangan dan berusaha memadamkan api dengan peralatan seadanya.

“Api membakar dua unit rumah korban berbentuk limasan kayu jati dengan ukuran 9 x 25 meter dengan ukruan tiang 12 x 12 cm beserta dapur rumah,” kata Kapolsek Godong Polres Grobogan.

Kejadian tersebut, kemudian dilaporkan ke Polsek Godong Polres Grobogan dan diteruskan ke Damkar Satpol PP Grobogan.

“Tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini, namun pemilik rumah menderita kerugian hingga Rp75 juta,” ungkap Iptu Bambang Jumena.

BACA JUGA : Wonderkid Barcelona Lamine Yamal Dipagari Dengan Kontrak Baru Dan Klausul Rilis 1 Miliar Euro

Dalam peristiwa itu, selain menghanguskan rumah, korban juga harus kehilangan sertifikat sawah dan tanah serta uang tunai sebesar Rp 2 juta yang ikut terbakar. Selain itu, emas seberat 15 gram dan juga 4 unit sepeda ontel dan satu buah televisi serta 1,5 ton gabah yang baru saja dipanen dan 2 karung beras serta perabotan rumah tangga juga ludes terbakar.

“Dari hasil pemeriksaan unit Reskrim Polsek Godong dan Tim Inafis Polres Grobogan ditemukan penyebab kebakaran ini adalah korsleting listrik yang berasal dari kabel saklar lampu rumah tengah korban,” jelas Kapolsek Godong Polres Grobogan.

Kapolsek Godong Polres Grobogan mengimbau masyarakat Godong untuk selalu waspada akan terjadinya kebakaran.

“Lakukan pengecekan kabel yang terpasang maupun peralatan elektronik di rumah secara berkala untuk antisipasi korsleting listrik. Cek kompor, dan pastikan tidak ada api yang masih menyala saat akan pergi meninggalkan rumah,” pungkas Kapolsek Godong Polres Grobogan.