Kebakaran Hanguskan Rumah dan Kandang di Grobogan, 2 Kerbau Ikut Terbakar

 

Ari Nugroho/Red

MATANUSA.NET GROBOGAN –

Sebuah rumah dan kandang kerbau milik Juwari (69) warga Desa Kluwan Kecamatan Penawangan Kabupaten Grobogan terbakar, Minggu (1/10/2023).

Kapolres Grobogan AKBP Dedy Anung Kurniawan melalui Kapolsek Penawangan Polres Grobogan AKP Darmono menjelaskan, peristiwa itu awalnya diketahui oleh Rasmi (53) yang sedang berjalan kaki di melewati samping rumah korban untuk menghadiri hajatan.

‘’Saksi melihat api pada tumpukan jerami di dalam kerbau milik korban,’’ jelas Kapolsek Penawangan Polres Grobogan.

Secara spontan, saksi langsung berteriak ‘’kobongan…kobongan…’’ ( kebakaran…kebakaran…). Warga yang mendengar teriakan tersebut pun langsung berdatangan.

Kejadian tersebut, kemudian dilaporkan pada Ahmad Zaenal Arifin (56), Kepala Dusun Kauman Desa Kluwan Kecamatan Penawangan Kabupaten Grobogan yang kemudian meneruskan ke Bhabinkamtibmas, Polsek Penawangan dan BPBD Grobogan.

‘’Selang 20 menit, 2 mobil pemadam kebakaran datang hingga akhirnya api berhasil dipadamkan,’’ ungkap AKP Darmono.

BACA JUGA : Jepang Larang Perdagangan Mobil Bekas Ke Rusia

Rumah milik korban yang terbakar, yakni bentuk limasan dengan ukuran tiang 14X14 cm, tinggi tiang 370 cm, dan terbuat dari rangka kayu jati dan dinding dari papan campuran.

Sementara kandang kerbau yang terbakar, berbentuk limasan dengan ukuran tiang 10X10cm, tinggi tiang 3m, rangka kandang kerbau terbuat dari kayu bengkirai dan campuran.

‘’Atas kejadian tersebut,tidak ditemukan adanya korban jiwa. Namun, 2 ekor kerbau milik korban ikut mengalami luka bakar,’’ kata Kapolsek Penawangan Polres Grobogan.

AKP Darmono menyebut, penyebab terjadinya kebakaran diduga dari kompor gas milik korban yang berada di dapur dalam kandang kerbau dan di sampingnya terdapat tumpukan jerami. Atas kejadian tersebut, korban mengalami kerugian mencapai Rp 60 juta.

Kapolsek Penawangan Polres Grobogan meminta kepada masyarakat agar tetap berhati-hati saat melakukan aktivitas dengan kompor.

“Biasakan cek lebih dulu kompor di rumah Anda sebelum ditinggal pergi agar tidak terjadi insiden kebakaran serupa,” pungkas Kapolsek Penawangan Polres Grobogan.