Pencegahan dan Penanganan Kumuh Terpadu, Inilah Komitmen Disperkim Kabupaten Sukabumi

Heri Setiawan/Red

MATANUSA.NET SUKABUMI –

Pemerintah Kabupaten Sukabumi melalui Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman (Disperkim) berkomitmen dalam upaya percepatan pencegahan serta penanganan kumuh.

Hal tersebut sebagai kinerja dan dalam rangka mewujudkan komitmen dalam penanganan bidang pembangunan. Melalui salah satunya sejumlah program kini dilakukan Disperkim diberbagai wilayah di Kabupaten Sukabumi pada tahun 2023.

Salah satu program diantaranya akses air minum dan sanitasi layak menjadi program Replikasi Penataan Lingkungan Permukiman Berbasis Komunitas (PLPBK), ungkap Sekretaris Dinas Syahril Hidayat melalui kepala Bidang kawasan kumuh pada Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman Kabupaten Sukabumi, Abas  kepada awak media matanusa.net, Kamis (10/08/2023).

Pada kesempatan acara monitoring dan evaluasi, di dampingi tim forum Kabupaten Sukabumi berikut kordinator BKM, dan Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman, Kabupaten Sukabumi.

Lanjut Abas menjelaskan, berdasar amanat Undang-undang nomor 01 tahun 2011 tentang perumahan dan kawasan permukiman, dimana penyelenggaraan atas perumahan juga kawasan permukiman mencakup pencegahan kumuh serta peningkatan kualitas permukiman kumuh yang wajib dilakukan oleh pemerintah daerah.

“Program ini sekaligus beriringan dengan rencana pembangunan jangka menengah nasional (RPJMN) dalam meningkatkan akses masyarakat secara bertahap terhadap perumahan dan permukiman layak, aman dan terjangkau guna mewujudkan kota tanpa permukiman kumuh,”, tambahnya.

Program penanganan kumuh terpadu salah satunya berada di Kampung Liung Tutut Rt 017 Rw 008, Desa Babakan, Kecamatan Cisaat, Kabupaten Sukabumi. Adapun nama dari BKM/LPM adalah BABAKAN MADANI dengan jenis Pekerjaan Sarana Air Bersih (SAB), Pengeboran yang dilaksanakan oleh Pakem Mandiri dengan jumlah penerima mampaat 30 kk, tutur Wibi sebagai ketua Pelaksana pakem madani.

Ucapan dan apresiasi lainya, mengalir dari beberapa warga sekitar salah satunya Narti kordinator lapangan. Narti mengucapkan terima kasih atas kunjungannya kepada pemerintah Kabupaten Sukabumi melalui Dinas Perkim. 

Kami atas nama warga penerima manfaat sangat besyukur atas Program yang telah kami terima dari Dinas Perkim, karena disini kami sebagai warga sangat memerlukan sarana Air Bersih.

Semoga dengan dibangunnya SAB ini, dapat Bermanfaat bagi warga masyarakat yang membutuhkan Air Bersih. Intinya, air sangat penting buat kehidupan sehari ha-hari, bebernya.