Sukabumi Miliki Potensi Perikanan Besar, Kadis Perikanan Minta Dukungan Semua Pihak

MATANUSA.NET SUKABUMI –

Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Sukabumi Nunung Nurhayati menyampaikan bahwa Kabupaten Sukabumi memiliki 6 (enam) muara Daerah Aliran Sungai (DAS)  yang mempunyai potensi untuk penangkapan benih sidat yaitu : Cimandiri, Cibuni, Cikarang, Cikaso, Ciletuh dan Cibareno.

Hal itu disampaikan Nunung pada pertemuan Penyediaan Data Potensi Dan Status Pemanfaatan Jenis Ikan Sidat, di ruang Pertemuan Madidihang di kantor PPN Palabuanratu,  Rabu,  24 Mei 2023.

Menurut Nunung, Saat ini data perikanan sidat di Kabupaten Sukabumi merupakan data tangkapan nelayan, untuk fase glass eel didapatkan dari nelayan sidat dan pengepul sedangkan data sidat konsumsi diperoleh dari komunitas pemancing.

” Potensi perikanan Kabupaten sukabumi yang besar ini perlu dukungan seluruh stakeholder supaya potensi yang ada dapat di kelola semaksimal mungkin agar menghasilkan nilai tambah dan dampak ekonomi yang besar bagi masyarakat” ungkapnya.

Masih dikatakan Nunung, Pemerintah Kabupaten Sukabumi baru saja menetapkan Peraturan Daerah tentang Pengelolaan Perikanan Nomor 1 Tahun 2023. Kebijakan hukum daerah ini diantaranya mengarahkan pengelolaan ikan lokal untuk melindungi dan mempertahankan ketersediaan atau populasinya di alam, memelihara keseimbangan ekosistem/habitatnya dan memanfaatkannya secara berkelanjutan.

” Didukung oleh proyek i-FISH dari FAO, Dinas Perikanan Kabupaten Sukabumi telah menyusun masterplan perikanan sidat. Didalamnya memberikan arahan sistem tata kelola perikanan sidat berbasis pendekatan ekosistem” jelasnya.

Akhirnya Kadis Perikanan berharap meningkatnya partisipasi nelayan dan para stakeholder terkait dalam penguatan data dan informasi perikanan sidat, sebagai bahan kebijakan dalam upaya pengelolaan sidat berkelanjutan di Indonesia .

Hadir dalam acara itu Direktorat Jendral Pengelolaan Ruang Laut, Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Jawa Barat, Kepala Pelabuhan Perikanan Nusantara Palabuharatu serta Akademisi.

|REDAKSI/STEVEN DJ|