Sukses Hampir Selesai, DPU Bidang SDA Serap Program Pembangunan Bendung Irigasi Cikahuripan

MATANUSA.NET SUKABUMI –

Dinas Pekerjaan Umum (DPU) dan Bidang Sumber Daya Air (SDA) Kabupaten Sukabumi, terbilang sukses mengalokasikan program bidang SDA melalui Dana Alokasi Khusus (DAK) tahun 2022, dengan mengalokasikan titik pembangunan bendung Daerah Irigasi (DI) Cikahuripan dibidang SDA. Adapun pengerjaan tersebut saat ini, sudah mencapai kurang lebih 90 persen, Daerah Irigasi tersebut berada di Kampung Kebon hiji, Desa Giri Jaya, Kecamatan Nagrak, Kabupaten Sukabumi.

Berdasarkan hasil pantauan matanusa.net di lapangan, Irigasi Cikahuripan itu mengairi 512 hektar sawah milik warga yang mengairi dua Desa yakni Desa Giri Jaya, Kecamatan Nagrak, dan Desa Seuseupan Kecamatan Caringin.

Menurut salah satu warga menyampaikan, “Alhamdulilah dalam pengerjaan DI Cikahuripan, sudah hampir selesai, kemungkinan besar warga dua desa akan menikmati hasilnya, tutur Abah Kosasih di lokasi pembangunan, Rabu (2/11/22).

Terima Kasih Bapak Bupati Sukabumi H Marwan Hamami dan Kepala Dinas PU Bapak Drs Asep Jafar, yang telah mengalokasikan program Bidang SDA dalam rangka melayani masyarakat juga petani. Terlebih, melalui perbaikan di sepanjang saluran daerah irigasi dan bendung, cikahuripan yang saat ini sudah hampir selesai, dapat bermanfaat, ungkapnya.

Hal serupa dikatakan salah seorang Petugas Operasi OP, saat di minta tanggapan matanusa.net mengatakan, benar bahwa pembangunan DI Cikahuripan sudah hampir rampung. Tentunya, hal ini sebagai bentuk wujud Kepedulian pemerintah kabupaten Sukabumi, melalui DPU bidang SDA kepada warga masyarakat yang mana kaitanya dengan hajat hidup orang banyak, singkatnya.


Sementara itu, rekanan CV Bhakti Putra yang ahli dibidang kontruksi, di wakili pelaksana mengakui pengerjaan DI Cikahuripan sudah hampir selesai. Dalam pembangunan proyek ini, atas aturan atau regulasi yang sudah di tentukan.

 “Kami dalam mengerjakan pembangunan bendung irigasi dan saluran, akan lebih mengedepankan kualitas dan kuantitas”, Ucap Iki, kepada matanusa.net (02/11/2022).

Wahyu Humaedi/D2