Mimpi Petani Terjawab Sudah, Distan Gelontorkan Anggaran Bagi Akses Jalan Produksi Ciemas

MATANUSA.NET SUKABUMI –

Harapan dan keinginan untuk miliki akses jalan ternyata terjawab sudah, para petani yang tergabung dalam kelompok tani putra gunung kini dapat menikmati akses jalan dengan baik dan mulus. Dengan direalisasikanya anggaran untuk membangun akses jalan produksi perkebunan yang berada di Desa Ciemas, kecamatan Ciemas, Sukabumi, Jawabarat, disambut gembira oleh para petani.

Dinas pertanian Kabupaten Sukabumi, tahun 2022 bangun akses jalan produksi perkebunan yang bersumber dari dana alokasi khusus (DAK) Kabupaten sukabumi tahun anggaran 2022,dengan volume 341 meter, lebar 2,5 meter di tambah jembatan, talud penahan tanah TPT menuju persawahan saronge dan perkebunan, Selasa (16/8/22).

Dengan dibangunnya akses jalan ini, dipastikan dapat membantu para petani dengan memangkas biaya produksi terutama biaya pasca panen dan menjawab mimpi para petani untuk lebih sejahtera, ungkap ketua Gapoktan Toto Abdullah saat di temui di lokasi pekerjaan, Rabu (17/08/2022).

Dijelaskan Toto abdulah, dengan adanya pembangunan dari Pemerintah, dan di kerjakan dengan cara swakelola, merupakan sebuah anugerah bagi para petani dalam meningkatkan kesejahteraan ekonomi dan pertanian  atau perkebunan.

” Kami sudah lama berharap, dengan adanya pembangunan jalan petani, sebagai dasar untuk memangkas operasion pengangkutan hasil panen dari sawah dan perkebunan ke rumah, serta untuk mengoptimalkan produksi, bebernya.

Terakhir, semoga program ini bisa dirasakan manfaatnya oleh para petani khususnya warga masyarakat desa Ciemas, terlebih mudah-mudahan kedepannya bisa berkelanjutan, pasalnya masih ada jalan pertanian yang membutuhkan pembangunan yang lebih baik lagi, tutupnya.

Reporter: Deni M/Ibenk

Print Friendly and PDF

BERITA INFORMASI RAKYAT