Satu Minggu, Bupati didampingi BKPSDM Berikan Pembekalan Sosio Kultural Bagi 41 Camat

D2/Red

MATANUSA.NET SUKABUMI – 

Bupati Sukabumi H. Marwan Hamami memberikan pembekalan kepada para camat di Pendopo, Rabu, 13 Desember 2023. Pembekalan yang diberikan tersebut, dalam rangka pelatihan teknis sosio kultural tahun 2023 yang diselenggarakan BKPSDM Kabupaten Sukabumi.

BACA JUGA : Terus Tingkatkan Pelayanan, Pj Walkot Sukabumi Kunjungi Sejumlah Perusahaan Daerah

Dalam kegiatan tersebut, Bupati mengatakan, kegiatan ini harus dijadikan momentum untuk menguatkan langkah strategis. Terutama dalam penguatan kapasitas dan peran para camat sebagai ujung tombak pembangunan di tingkat kecamatan. 

“Ikhtiar seperti pelatihan ini merupakan bentuk implementasi dari pengembangan SDM berbasis potensi unggulan,” ujarnya.

Tak hanya itu saja, pelatihan sosio kultural ini penting bagi para camat dalam menunjang kinerjanya. Terlebih, camat selaku penerima kewenangan bupati harus menindaklanjutinya dengan baik.

“Terutama dalam melaksanakan pembangunan karakter dan psikologis ASN di wilayah kerja yang menjadi tanggungjawabnya,” ucapnya.

Tak hanya itu saja, sosio kultural ini merupakan bagian integral dari perencanaan dan pelaksanaan pembangunan di setiap kecamatan. Makanya, camat berperan penting dalam mengelola dinamika sosio kultural ini dengan bijak.

“Bisa melalui perumusan kebijakan yang mendalam dan kontekstual. Makanya, pelatihan ini nenjadi investasi dalam ikhtiar peningkatan kemampuan dan pengetahuan para camat,” ungkapnya.

Dalam kesempatan tersebut, Bupati mengajak para camat untuk membangun jaringan kolaboratif yang erat. Terutama dengan para pemangku kepentingan di wilayahnya masing-masing.

“Kolaborasi ini kunci dalam merespon perubahan dsn menangggapi tantangan sosio kultural dengan lebih efektif,” bebernya.

Kepala BKPSDM Kabupaten Sukabumi Teja Sumirat mengatakan, kegiatan ini dilaksanakan sebagai bentuk meningkatkan kompetensi dan pemahaman para camat dalam menghadapi tantangan sosio kultural.

“Kegiatan ini dilaksanakan selama enam hari. Hal itu terhitung 11-16 Desember 2023. Terdapat 41 camat yang mengikuti kegiatan ini,” pungkasnya.