Hari Penanaman Pohon Serentak, LSM Dampal Jurig Mendapat Dukungan Presiden RI

Caption : Ketua Umum LSM Dampal Jurig Jabar, Irvan Azis dalam sesi kegiatan.

MATANUSA, SUKABUMI – Lembaga Swadaya Masyarakat Dampit Peduli Lingkungan Jurang Rimba Gunung (LSM Dampal Jurig) Jabar aktif berpartisipasi dalam program penanaman pohon serentak yang diinstruksikan oleh Presiden Republik Indonesia.

Kegiatan ini dilaksanakan pada Sabtu – Minggu, 30-31 Desember 2023, dan melibatkan masyarakat dari berbagai kalangan di wilayah Sungai Cimandiri Cipelang Cinumpang Citarik, tepatnya di bawah kaki Gunung Gede dan Gunung Halimun Salak.

Ketua LSM Dampal Jurig, Irvan Azis, menjelaskan bahwa penanaman pohon dilakukan selama musim penghujan sebagai bagian dari upaya mitigasi perubahan iklim dan pemulihan kualitas lingkungan hidup. Program ini juga sejalan dengan upaya rehabilitasi hutan dan lahan, sambil menginspirasi motivasi dan partisipasi masyarakat Sukabumi, khususnya,” kata Irvan kepada media matanusa.net pada minggu (31/12/23).

Dalam aksinya, LSM Dampal Jurig menggunakan berbagai jenis bibit pohon konservasi dan produktif. Mulai dari Jamuju, Rasamala, Puspa Jati, Damar Puspa, Maglid, Akasia, hingga jenis buah-buahan seperti durian, jambu kristal, rambutan, pete, mangga, nangka, sirsak, alpukat, dan jenis lainnya.

“Penanaman ini dilakukan secara bertahap dan berkelanjutan di berbagai lokasi, termasuk di hulu sungai, sumber mata air, lahan kosong rawan longsor, bukit gundul, dan sepanjang jalan.”

“Berharap dengan kegiatan ini akan meningkatkan kelestarian alam dan menyelamatkan lingkungan hidup, memberikan manfaat bagi semua, “Bukan jumlah pohon yang ditanam, tetapi kepedulian kita terhadap bumi ini untuk diwariskan kepada generasi mendatang,” harapnya.

LSM Dampal Jurig menegaskan komitmen mereka untuk terus mengajak semua kalangan masyarakat agar ikut berperan aktif dalam menjaga lingkungan hidup. “Selamatkan Lingkungan Hidup bukan hanya sebuah slogan, tapi panggilan untuk terus berbuat sesuai dengan kemampuan, bukan hanya keinginan,” pungkas Irvan Azis.