Vaksinasi di Kecamatan Jasinga Bogor, Pakai Sistem Mawar, Baca Selengkapnya

Tampak kegiatan Gebyar vaksin pada Kecamatan Jasinga Bogor. 

BOGOR matanusa.net –

Bupati Bogor Ade Yasin bersama Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19, lakukan peninjauan langsung pelaksanaan gebyar vaksin Kabupaten Bogor, mulai dari vaksin dosis 1, 2, booster, diperuntukkan bagi anak usia 6- 11 tahun dan masyarakat Lanjut Usia (Lansia) maupun umum.

Gebyar Vaksin ini dilaksanakan juga oleh seluruh Kecamatan yang ada di wilayah Kabupaten Bogor. Salah satunya pada Kecamatan Jasinga yang berada di bagian ujung Kabupaten Bogor ini juga mengajak seluruh warganya untuk mengikuti kegiatan vaksin ini.

Tujuan di adakannya kegiatan ini untuk mengurangi penyebaran Covid-19 di wilayah Kabupaten Bogor, dengan menguatkan imun masyarakat melalui vaksin yang sudah disedikan oleh pemerintah, adapun Kegiatan ini dilaksanakan pada 28 Februari s/d 1 Maret di Kecamatan Jasinga.
 
“ Kita melaksanakannya selain pelayanan di desa-desa juga melakukan dor to dor ke rumah- rumah warga, jemput bola yang artinya menjemput masyarakat yang mau vaksin ke tempat gebyar vaksin yang di adakan oleh kecamatan, juga kami menggunakan sistem wawar (mengumumkan) baik di masjid, majlis, maupun keliling menggunakan kendaraan layanan kesehatan dan Satuan Polisi Pamong Praja (satpol pp) ” Tutur ibu Temy selaku Kepala sub Bagian (kasubag) dari Kecamatan Jasinga. 

Lanjut dikatakan Temu, kegiatan Gebyar Vaksin ini mendapatkan beberapa respon positif dari masyarakat Kabupaten Bogor, terutama dari warga Kecamatan jasinga banyak warga dari anak- anak sampai lansia yang berbondong datang lebih awal untuk di vaksin untuk mengurangi penyebaran Covid-19 pada daerah tempat tinggalnya.

Selain tanggapan positif, terdapat pula tanggapan negatif dari masyarakat. Bahkan pada Kecamatan Jasinga tidak sedikit pula warga yang beranggapan buruk pada vaksin yang di berikan oleh pemerintah. Terdapat beberapa warga yang berpikir bahwa mereka hanya dijadikan kelinci percobaan oleh pemerintah dalam melaksanakan vaksinasi tersebut, ucapnya,  Senin (28/2). 

“ Kegiatan ini berjalan dengan lancar dan mencapai target Berkat adanya sistem wawar (Pengumuman keliling ataupun melaluin masjid dan majlis) yang di lakukan oleh Kecamatan Jasinga, sehingga kegiatan gebyar vaksin tersebut berjalan sangat efektif karena jangkauan masyarakat lebihdekat dari segi waktu, jarak dan juga transportasinya “ Lanjut ibu Temy selaku Kepala sub Bagian (kasubag) dari Kecamatan Jasinga. 
 
Dengan adanya kegiatan ini diharapkan seluruh masyarakat Kabupate Bogor mendapatkan vaksianasi agar terlindungi dari Virus Covid-19 saat ini, serta dapat kembali melakukan aktivitas seperti sediakala sebelum adanya pandemi  Covid-19.

Untuk diketahui, kegiatan vaksinasi melibatkan semua unsur yang ada pada Kecamatan ini, baik pegawai Kecamatan, Kepolisoan Sektor (Polsek), Komandan Rayon Militer (danramil), Pusat Kesehatan Masyarakat (puskesmas) dan juga desa( meliputi RT, RW, Kepala Dusun (Kadus),  kader ) semua terlibat, untuk menggerakkan masa agar mau di vaksin.

Kontributor :  Adelya Invisa Vanda Loeffen
(Mahasiswi IPB) 

Redaktur  : D2

Print Friendly and PDF