Melalui Optimalisasi dan Perbaikan TPT, Akhirnya D.I Cibalung Caringin Aliri Hingga 5 Desa

MATANUSA.NET SUKABUMI –

Impian dan harapan akhirnya terjawab sudah, warga masyarakat pengguna air di lima Desa, dua Kecamatan, setelah adanya dua titik perbaikan saluran Daerah Irigasi (DI) Cibalung, yang berada di Desa Talaga Kecamatan Caringin Kabupaten Sukabumi.

Sebelumnya, para pengguna air sulit untuk mendapatkan pasokan air dari irigasi (DI Cibalung). Pada awalnya saluran tersebut hanya bisa mengairi empat Desa antara Desa Kuta Sirna, Kecamatan Cisaat, Desa Caringin Wetan juga Desa Caringin Kulon Kecamatan Caringin. Setelah adanya pasca perbaikan, alhasil saat ini sudah dapat mengairi hingga ke lima desa lintas Kecamatan, tak pelak hingga ke Desa Lembur Sawah dan Desa Cisande Kecamatan Cicantayan Sukabumi, hal ini di sampaikan Adul selaku Ketua P3 Mitra Cai Cibalung, kepada awak media matanusa.net, Kamis (5/10/2022).

Masih disampaikan Adul, Daerah Irigasi Cibalung salah satu saluran air yang menjadi kedambaan warga di lima desa, dan sebagai sumber kehidupan sehari-hari dalam bercocok tanam, dengan adanya perbaikan normalisasi, penguras dan TPT,  di saluran tersebut, terasa ada manfaat kepada para pengguna air.

Ditempat yang sama, Abah Ujang (ulu-ulu) Desa Cisande mengatakan, Alhamdulilah pasokan air dari Derah Irigasi Cibalung Talaga Caringin, sekarang sudah sampai ke dua Desa yang berda di kecamatan Cicntayan, alhasil bisa di pergunakan sesuai kebutuhan dalam kesehariannya,

“Haturnuhun ka Pamarentah anu tos merhatikeun para petani (Terimakasih kepada pihak Pemerintah yang sudah memperhatikan kepada petani) ucap Abah Ujang dengan logat sunda yang kental, ketika di lokasi Desa Cisande Cicantayan Sukabumi.

Sementara, menurut Moc, Rifky, Petugas Operasi Pemeliharaan Sumber Daya Air  POPSDA, Wilayah dua Cibadak mengamini, setelah Daerah Irigasi Cibalung, adanya perbaikan melalui Normalisasi dan perbikan TPT, arus air sekarang bisa sampai lintas Kecamatan, yaitu sampai ke Desa cisande dan Desa Lembur Sawah kecamatan Cicantayan,

 ” Alhamdulilah Pasca perbaikan di daerah irigasi Cibalung sangat bermanfaat dan bisa di gunakan masyarakat.

Reporter : Wahyu H. | Redaktur : D2