Di Lahan Ex Terminal Lama, Pj Walkot Sukabumi Buka UMKM Culinary Night

D2/Steven

MATANUSA.NET KOTA SUKABUMI – 

Penjabat (Pj) Wali Kota Sukabumi secara resmi membuka kegiatan UMKM Culinary Night bertempat di ex Terminal lama (Degung), Jumat (24/11/23).

UMKM Culinary Night menjadi momentum awal untuk mendorong pengembangan wisata kuliner di Kota Sukabumi. Kuliner diharapkan menjadi andalan dan potensi pariwisata yang harus terus digali.

BACA JUGA : Munculkan Kreatifitas dan Karya, Wabup Buka Lomba Busana Muslim Bahan Perca Anak PAUD

Hal di atas disampaikan oleh Penjabat Wali Kota Sukabumi, Kusmana Hartadji saat membuka kegiatan UMKM Culinary Night di kawasan kegiatan UMKM yang sebelumnya merupakan Terminal Lama (Degung), Sukabumi.

Kegiatan yang diinisiasi oleh Dinas Kumindag Kota Sukabumi akan dilangsungkan selama tiga hari dua malam, terhitung sejak 24-26 November 2023.

Unsur Forkopimda, Sekretaris Daerah Kota Sukabumi, H. Dida Sembada bersama seluruh jajaran, SKPD Pemerintah Kota Sukabumi, dan BJB Kacab Kota Sukabumi turut hadir dalam pembukaan kegiatan yang melibatkan sekitar 40 stand produk UMKM.

“UMKM merupakan salah satu sektor yang berperan penting selama proses pemulihan ekonomi. Jumlah UMKM di Kota Sukabumi mencapai 35 ribu. Ini terbilang unik karena jumlah UMKM ini mendominasi dalam struktur perekonomian di Kota Sukabumi.

Jumlahnya terus mengalami penambahan dari tahun ke tahun,” Kata Penjabat Wali Kota Sukabumi dalam sambutannya.

Kekuatan UMKM disebutkan oleh Kusmana Hartadji terletak dari kontribusinya terhadap PDB Nasional. UMKM juga telah menyerap hingga 97% dari total tenaga kerja. Hal penting lainnya, UMKM memiliki kemampuan untuk bangkit dan pulih lebih baik di masa krisis.

“Oleh karena itu, pengembangan UMKM merupakan sebuah keharusan. Tujuan tentu saja, peran UMKM dapat mendorong pertumbuhan perekonomian di daerah. Kita akan terus memberikan perhatian serius terhadap sektor UMKM ini, salah satunya dengan meningkatkan akses pemasaran,” ujar Penjabat Wali Kota Sukabumi, memaparkan.