Rakernas APKASI ke XVI: Wabup Iyos Serukan Pengembangan Daerah dan Netralitas ASN

Foto: Dokpim.

Matanusa, Sukabumi – Wakil Bupati Sukabumi, H. Iyos Somantri, mewakili Bupati Sukabumi menghadiri Rapat Kerja Nasional Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (APKASI) ke XVI yang secara resmi dibuka oleh Presiden RI Joko Widodo. Acara tersebut berlangsung di Ruang Cendrawasih, Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta, pada Rabu (10/7).

Dalam arahannya, Presiden Joko Widodo menyampaikan bahwa tantangan yang akan dihadapi ke depan akan semakin sulit dan kompleks. Oleh karena itu, pemerintah daerah perlu terus melakukan inovasi-inovasi yang efektif untuk menghadapi berbagai tantangan tersebut, terutama dalam mengembangkan potensi daerah.

“Saya titip, potensi-potensi di daerah harus ditingkatkan dan dikembangkan, baik dari sisi keuangan, pangan, industri, teknologi, serta pariwisata,” ungkap Presiden dalam sambutannya.

Presiden juga menekankan pentingnya kolaborasi antara pemerintah pusat dan daerah dalam menjaga stabilitas ekonomi, terutama dalam mengendalikan inflasi. Inovasi di berbagai sektor diharapkan dapat mendorong pertumbuhan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat di daerah.

Setelah mengikuti kegiatan tersebut, Wakil Bupati Sukabumi H. Iyos Somantri menuturkan bahwa arahan Presiden dan Menteri Dalam Negeri sangat penting bagi para kepala daerah. Ia menyampaikan bahwa pihaknya akan berupaya semaksimal mungkin untuk menjaga inflasi di Kabupaten Sukabumi serta mengembangkan potensi daerah sesuai dengan kearifan lokal.

“Sesuai arahan Pak Presiden dan Mendagri, kami diingatkan untuk menjaga inflasi serta mengembangkan potensi daerah. Selain itu, juga menekankan agar ASN (Aparatur Sipil Negara) menjunjung tinggi netralitas terhadap pilkada yang akan dilaksanakan dalam waktu dekat ini,” pungkas Iyos Somantri.

Rakernas APKASI ke XVI ini dihadiri oleh para kepala daerah dari seluruh Indonesia. Mereka berdiskusi dan berbagi pengalaman serta strategi untuk menghadapi tantangan pembangunan di daerah masing-masing. Selain itu, acara ini juga menjadi ajang untuk memperkuat koordinasi dan sinergi antara pemerintah pusat dan daerah dalam upaya meningkatkan pelayanan kepada masyarakat.

Pos terkait