Rumah Warga di Sukabumi Terbakar Akibat Arus Pendek Listrik

Korsleting Listrik Sebabkan Kebakaran Hebat di Rumah Warga Sukabumi. (Foto: Ist).

Matanusa, Sukabumi – Sebuah rumah warga di Kp Cikaramat RT 05 RW 06 Desa Cihaur, Kecamatan Simpenan, habis terbakar akibat arus pendek listrik pada Selasa (04/06/2024) sekitar pukul 13.30 WIB.

Informasi yang dihimpun dari PPBK Simpenan menunjukkan bahwa setelah berkoordinasi dengan perangkat desa, kecamatan, Babinsa, Bhabinkamtibmas, Satpol PP, dan Tagana, mereka segera melakukan pendataan serta memberikan bantuan darurat kepada keluarga korban kebakaran, yaitu Iwan dan Mulayati.

Dandi Sulaeman dari PPBK Simpenan menjelaskan bahwa pihaknya bersama warga telah bergotong royong membersihkan puing-puing bangunan dan memadamkan api yang masih menyala. Tidak ada korban jiwa maupun luka dalam kejadian ini, namun kerugian ditaksir mencapai Rp 80 juta. Untuk sementara, keluarga korban tinggal di rumah keluarga.

Sementara itu, Kasi Trantib Simpenan, Cecep Supriadi, SE., mengimbau warga agar selalu berhati-hati dalam menangani listrik.

“Jika ingin menyambungkan kabel arus pendek, lebih baik meminta bantuan kepada yang ahli agar tidak terjadi korsleting. Semoga kejadian ini bisa menjadi pelajaran bagi kita semua,” ujar Cecep.

Pihak berwenang berharap kejadian ini menjadi pengingat pentingnya kewaspadaan dalam penggunaan listrik di rumah tangga untuk mencegah musibah serupa.