Sekda Ade Terima Kunjungan Deputi KPU RI, Bahas Pendirian Sekolah Kedinasan Tata Kelola Pemilu

Foto: Dokpim.

Matanusa, Sukabumi – Sekretaris Daerah Kabupaten Sukabumi, Ade Suryaman, menerima kunjungan Deputi KPU RI, Suryadi, terkait rencana pendirian Sekolah Kedinasan Tata Kelola Pemilu di Pendopo Sukabumi, pada Jumat (17/05).

Suryadi menjelaskan bahwa rencana pendirian sekolah ini bertujuan untuk mengatasi keterbatasan sumber daya manusia (SDM) di KPU. “Dengan adanya sekolah ini, diharapkan kebutuhan akan SDM yang memiliki pengetahuan lebih tentang tata kelola Pemilu dapat terpenuhi,” ujarnya.

Sebagai negara demokratis, lanjut Suryadi, Indonesia harus dapat menghadirkan pemilu yang akuntabel dan transparan, sesuai harapan rakyat. Untuk mencapai hal ini, terdapat dua faktor yang harus diperhatikan: internal dan eksternal. Faktor internal mencakup kesiapan SDM penyelenggara Pemilu, yaitu KPU.

Suryadi juga menekankan pentingnya keterlibatan perguruan tinggi dan lembaga-lembaga pendidikan lainnya sebagai jejaring untuk pendidikan politik partisipatif bagi masyarakat, baik untuk kepentingan politik nasional maupun lokal. “Hal ini bertujuan untuk memperbaiki pemilu secara berkesinambungan di Indonesia. Kabupaten Sukabumi dipilih sebagai lokasi sekolah ini karena lokasinya yang strategis,” tambahnya.

Sekda Ade Suryaman menyambut baik rencana pendirian Sekolah Kedinasan Tata Kelola Pemilu di Kabupaten Sukabumi. Namun, ia mengingatkan pentingnya mempertimbangkan aspek teknis, terutama terkait kebutuhan lahan sekitar 10 hektare untuk sekolah tersebut.

“Harapannya, dengan adanya rencana ini, dapat meningkatkan kualitas SDM dan menjadi hal yang positif bagi kemajuan bangsa di masa mendatang,” pungkasnya.

Pos terkait