Sekda Ade Terima Visitasi Komisi Informasi Jawa Barat untuk Evaluasi Pelayanan Publik

Foto: Dokpim.

Matanusa, Sukabumi – Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Sukabumi, H. Ade Suryaman, menyambut kedatangan Komisi Informasi Jawa Barat yang melakukan monitoring dan evaluasi terkait inovasi dan strategi pelayanan informasi publik. Acara visitasi ini berlangsung di Pendopo Sukabumi, pada Senin (7/10/2024).

Ketua Komisi Informasi Jawa Barat, Ijang Faisal, menekankan pentingnya keterbukaan informasi publik sebagai salah satu elemen krusial dalam mewujudkan tata kelola pemerintahan yang baik dan transparan. “Visitasi hari ini dilakukan untuk mencocokkan data yang sudah ada di badan publik, sehingga kami dapat menilai apa yang telah dilaksanakan oleh badan publik di Kabupaten Sukabumi, agar informasi tersebut bisa diakses oleh masyarakat,” ujar Ijang.

Ijang juga menambahkan bahwa uji publik ini bertujuan untuk memastikan bahwa badan publik sudah menerapkan standar pelayanan informasi yang baik, mengingat keterbukaan informasi adalah komponen penting dalam sistem demokrasi.

Sekda H. Ade Suryaman dalam sambutannya menyampaikan bahwa badan publik perlu lebih responsif terhadap masukan dari masyarakat terkait kualitas pelayanan publik. Keberadaan PPID (Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi) di setiap perangkat daerah dan kecamatan, menurutnya, sangat penting dan perlu diperkuat untuk menjalankan fungsi mereka.

Lebih lanjut, Sekda juga menyampaikan bahwa keterbukaan informasi publik adalah bagian penting dari reformasi birokrasi, terutama dalam perumusan, koordinasi, dan evaluasi kebijakan demi meningkatkan pelayanan publik. “Pada tahun 2024 ini, kami berusaha untuk memperbaiki beberapa kekurangan dalam penyediaan dan pelayanan informasi publik, dan sinergi antara Diskominfosan dengan PPID di setiap perangkat daerah harus diperkuat. Kami berharap, pada tahun 2025, kualitas pelayanan informasi dan kolaborasi antar perangkat daerah akan meningkat,” jelas Sekda.

Acara kemudian dilanjutkan dengan paparan dari Kepala Dinas Kominfosan, Mubtadi Latip, serta penyerahan Buku Visitasi Komisi Informasi dari Ketua Komisi Informasi Jawa Barat kepada Sekda Kabupaten Sukabumi.

Pos terkait