Wabup Iyos Hadiri Upacara Hari Jadi Provinsi Jawa Barat Ke-79

Foto: Dokpim.

Matanusa, Sukabumi – Wakil Bupati Sukabumi, H. Iyos Somantri, mewakili Bupati menghadiri Upacara Hari Jadi Provinsi Jawa Barat yang ke-79. Acara tersebut berlangsung di Lapang Gasibu, Bandung, pada Senin (19/8/2024).

Penjabat Gubernur Jawa Barat, Bey Machmudin, dalam sambutannya menegaskan bahwa peringatan Hari Jadi ke-79 kali ini mengusung tema: “Jabar Menyala, Indonesia Maju.” Tema ini bukan hanya semboyan, tetapi juga komitmen dan tanggung jawab bersama untuk terus membangkitkan semangat perjuangan dan pembangunan di tanah Pasundan.

Lebih lanjut, Pj. Gubernur menyinggung sejarah besar yang melandasi semangat “Jabar Menyala,” yaitu peristiwa Bandung Lautan Api pada tahun 1946. Saat itu, para pejuang dan masyarakat Bandung dengan keberanian membumihanguskan kota mereka sendiri, bukan karena keputusasaan, tetapi sebagai simbol perlawanan dan tekad untuk tidak menyerah pada penjajah.

“Hari ini, di usia Jawa Barat yang ke-79, kita menyalakan kembali api tersebut. Api yang mengingatkan kita bahwa dalam setiap tantangan dan kesulitan, selalu ada kekuatan yang bisa kita bangkitkan untuk terus maju. Semangat Bandung Lautan Api inilah yang menjadi pijakan bagi kita semua untuk menjadikan Jawa Barat sebagai provinsi yang menyala, menerangi jalan bagi kemajuan Indonesia,” ungkapnya.

Wakil Bupati Sukabumi, H. Iyos Somantri, dalam kesempatan tersebut mengungkapkan bahwa Jawa Barat harus tetap menyala dan terdepan dari provinsi lainnya di Indonesia. Hal ini diwujudkan melalui kekompakan, kebersamaan, pentas seni budaya, serta seluruh potensi yang dimiliki Jawa Barat.

“Alhamdulillah, ini adalah pertanda bahwa segala aktivitas seni budaya dapat dimunculkan. Ini adalah bukti nyata bahwa Jawa Barat kaya akan khasanah budaya,” pungkasnya.

Hadir mendampingi Wakil Bupati dalam kegiatan tersebut, Asisten Bidang Administrasi Umum Setda Kabupaten Sukabumi.

Pos terkait