Perbaikan Irigasi di Desa Kutasirna, Cisaat: Distan Sukabumi Pilih CV Sembilan Enam

Pemerintah Kabupaten Sukabumi Tingkatkan Jaringan Irigasi untuk Mendukung Petani. (Foto: Wahyu Humaedi).

Matanusa, Sukabumi – Pemerintah Kabupaten Sukabumi melalui Dinas Pertanian melaksanakan perbaikan jaringan irigasi di berbagai Wilayah pada Agustus 2024. Salah satu contoh proyek tersebut adalah perbaikan yang dilakukan di wilayah Kelompok Tani Cempaka III bersama masyarakat Desa Kutasirna, Kecamatan Cisaat. Proyek ini dikerjakan oleh pihak penyedia dari CV Sembilan Enam, pada Selasa (06/08/2024).

Kepala Bidang Prasarana Penanggulangan Bencana Pertanian pada Dinas Pertanian, Gilar Akmal, didampingi Konsultan Pengawas, menyampaikan bahwa pembangunan ini menggunakan anggaran dari DPA tahun 2024. Menurut Gilar, “Program Pembangunan jaringan irigasi ini bertujuan untuk meningkatkan kinerja Layanan Irigasi Kecil, Irigasi Desa, dan Irigasi Tersier.”

Gilar menambahkan bahwa pembangunan jaringan irigasi ini diharapkan akan sangat membantu petani dalam mengatur sirkulasi air ke persawahan mereka, sehingga ekonomi para petani dapat meningkat. “Kami hadir dalam monev untuk memastikan kualitas pekerjaan dan merespons keluhan serta laporan warga,” ujarnya.

Perbaikan Irigasi yang dilakukan di wilayah Kelompok Tani Cempaka III bersama masyarakat Desa Kutasirna, Kecamatan Cisaat, Kabupaten Sukabumi.

Pajar, pelaksana pekerjaan dari CV Sembilan Enam, menegaskan komitmennya untuk menjaga amanah dan melaksanakan pekerjaan dengan sebaik-baiknya. “Kami mengapresiasi semua masukan, saran, dan kritikan dari rekanan di lapangan, lembaga, serta media, yang telah membantu kami dalam mengevaluasi dan memperbaiki kekurangan,” katanya.

Di lokasi proyek, Eni dan warga lainnya mengungkapkan dukungannya terhadap pembangunan jaringan irigasi ini. “Kami berharap pembangunan ini dapat dilanjutkan dari ujung ke ujung, sehingga petani dapat dengan mudah mengatur sirkulasi air sesuai kebutuhan,” pungkas Eni.

Dengan adanya perbaikan ini, diharapkan para petani di Kabupaten Sukabumi dapat lebih mudah mengelola sumber daya air dan meningkatkan hasil pertanian mereka.

Kontributor: Wahyu Humaedi.

Pos terkait