Bupati Sukabumi Gelar Rakor dengan Perangkat Kecamatan dan Desa di Wilayah IV

Foto: Dokpim.

Matanusa, Sukabumi – Sejumlah perangkat kecamatan dan desa di wilayah IV Kabupaten Sukabumi berkumpul di Gedung Mahoni, Kecamatan Sukaraja, pada Rabu (7/08/2024). Mereka mengikuti rapat koordinasi (rakor) dengan Bupati Sukabumi H. Marwan Hamami untuk meningkatkan sinergitas kewilayahan, terutama dalam pencapaian kinerja pemerintahan dan pembangunan Kabupaten Sukabumi tahun 2024.

Bupati Sukabumi H. Marwan Hamami mengungkapkan rasa syukur dapat bersilaturahmi dan memaparkan sejumlah keberhasilan pemerintah kabupaten di bawah kepemimpinannya. “Berbagai capaian telah berhasil ditorehkan. Semoga di akhir masa jabatan nanti, capaian kita bisa di angka 100 persen,” ujarnya. Hal ini tentu dapat terwujud dengan peran serta semua pihak, baik di tingkat desa hingga kabupaten.

“Peran bapak ibu dalam musrembang di desa dan kecamatan dapat mendorong pembangunan di Kabupaten Sukabumi,” ucapnya, menekankan pentingnya kebersamaan dalam pembangunan. “Selain lewat kebersamaan, pembangunan yang dimulai dari desa pun akan berdampak luar biasa. Sebab, desa maju, kabupaten pun pasti bakalan maju,” tambahnya.

Kemajuan juga dapat didorong dengan inovasi pembangunan yang muncul dari masyarakat. “Sehingga, perlu masyarakat yang memiliki inovasi,” ujarnya. Selain itu, aspek religius juga diperkuat di Kabupaten Sukabumi untuk memberikan pondasi yang kuat bagi generasi penerus bangsa di tengah gempuran teknologi. “Kami khawatir anak tak punya dasar agama. Apalagi, di tengah gempuran akses teknologi selama ini. Jadi, kami perkuat kereligiusannya,” terangnya.

H. Marwan berterima kasih kepada semua pihak, termasuk para camat dan kades yang membantu percepatan pencapaian pembangunan, serta Forkopimcam yang membantu peran camat. Ia juga meminta bantuan untuk menyampaikan keberhasilan ini kepada masyarakat agar hasil pembangunan dapat terkomunikasikan dengan baik. “Hal-hal yang menyangkut optimalisasi pelayanan publik dapat terpublikasi,” ujarnya.

Di akhir kegiatan, H. Marwan berbagi kebahagiaan dengan masyarakat melalui program pemberian umroh bagi masyarakat pembayar pajak. “Pembayar dan pemungut pajak punya kesempatan berangkat umroh. Nanti akan dipilih secara acak siapa yang berangkat umroh. Ini pun sebagai motivasi program religius kita,” jelasnya.

Panitia acara, Sendi Apriadi, menjelaskan bahwa kegiatan ini bertujuan menyebarkan informasi kepada perangkat kecamatan, desa, dan masyarakat mengenai capaian dan keberhasilan kinerja Bupati Sukabumi. “Maka dari itu, dalam kegiatan ini menghadirkan Kepala Bapelitbangda untuk menyampaikan semua keberhasilan di berbagai sektor yang dicapai di bawah kepemimpinan pak bupati,” ujarnya.

Kegiatan rakor ini akan dilaksanakan di seluruh wilayah Kabupaten Sukabumi, dimulai dari wilayah IV. “Kita awali dari wilayah IV, nanti akan bergantian hingga ke seluruh wilayah di Kabupaten Sukabumi,” tambahnya.

Camat Sukaraja, Erry Erstanto, menambahkan bahwa berbagai kebijakan Bupati Sukabumi telah dirasakan di tingkat bawah, baik dari sisi peningkatan SDM, pariwisata, ekonomi, pertanian, keagamaan, konektivitas infrastruktur, hingga inovasi pelayanan masyarakat. “Berkat kebijakan pak bupati selama ini, kita telah merasakannya. Baik di tingkat kecamatan maupun ke masyarakat. Pariwisata banyak yang bermunculan, inovasi pun bermunculan, dan beberapa kebijakan yang kami rasakan,” pungkasnya.

Dalam kegiatan tersebut, dilakukan pula penandatanganan komitmen bersama antara Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) dengan Dinas Pendidikan Kabupaten Sukabumi tentang pelaksanaan percepatan kegiatan KIE kebencanaan di lingkungan sekolah dasar dan sekolah menengah di Kabupaten Sukabumi. Kegiatan diakhiri dengan dialog antara bupati dengan masyarakat.

Pos terkait