Wabup Iyos Resmikan Syukuran Hari Nelayan Minajaya Ke-12

Foto: Dokpim.

Matanusa, Sukabumi – Wakil Bupati Sukabumi, Haji Iyos Somantri, didampingi oleh Dinas Perikanan (Diskan) dan Dinas Pariwisata (Dispar) Kabupaten Sukabumi, meresmikan Syukuran Hari Nelayan Minajaya Ke-12 di Pantai Minajaya, Desa Pasiripis, Kecamatan Surade, Kabupaten Sukabumi, pada Kamis (25/7/2024).

Kedatangan Wabup Iyos beserta rombongan disambut hangat oleh panitia dan masyarakat setempat dengan iringan kesenian tradisional lengser. Dalam sambutannya, Wabup Iyos berharap agar acara ini menjadi kegiatan rutin yang dapat menarik wisatawan ke Pantai Minajaya.

“Acara seperti ini harus terus dilakukan, selain berguna untuk memikat wisatawan, acara seperti ini juga bisa meningkatkan perekonomian masyarakat,” ujar Wabup Iyos.

Kegiatan Sosial dan Hiburan
Untuk memperingati Hari Nelayan yang Ke-12, masyarakat nelayan Minajaya dari Desa Pasiripis dan Desa Buniwangi Kecamatan Surade menggelar syukuran dan doa bersama. Acara ini rutin dilakukan setiap tahun sebagai wujud rasa syukur dan untuk meningkatkan kesejahteraan warga nelayan.

Selain syukuran dan tabligh akbar, acara ini juga meliputi berbagai kegiatan sosial seperti santunan kepada 101 anak yatim, janda nelayan, kaum duafa, serta sunatan massal. Hiburan seperti voli ball putri, off-road, kuda lumping (Ja’e), musik dangdut, dan wayang golek menambah kemeriahan acara.

Ketua HNSI Minajaya, H. Obam, mengungkapkan bahwa peringatan Hari Nelayan Minajaya ke-12 ini adalah bentuk apresiasi terhadap jasa para nelayan terdahulu dan sekarang, serta sebagai ungkapan rasa syukur atas rezeki yang diberikan oleh Allah SWT.

“Alhamdulillah, acara ini meskipun meriah, hasil dari swadaya para nelayan. Alhamdulillah, ada sedikit bantuan dari donatur. Beberapa pihak lain juga ikut berpartisipasi mendukung acara ini,” jelas H. Obam.

Harapan ke depan, para nelayan dapat lebih sejahtera dan selalu diberikan keselamatan saat melaut. “Semoga ke depan nelayan bisa menjadi nelayan yang tidak hanya jaya di laut, tapi juga di darat,” pungkas H. Obam.

Acara ini dihadiri oleh berbagai pejabat dan tokoh penting, termasuk Wakil Bupati Sukabumi Drs. H. Iyos Somantri, M.Si, Kapolsek Surade Iptu Ade Hendra, Danramil 0622-14 Surade Kapten Arm Witono, Kepala Desa Pasiripis, Babinsa Desa Buniwangi dan Pasiripis, Ketua HNSI Minajaya H. Obam, Ketua panitia Agus, serta berbagai perwakilan dari instansi dan organisasi lainnya.

Rangkaian acara meliputi sunatan massal, donor darah, santunan, pagelaran kuda lumping, wayang golek, dan hiburan lainnya dari sanggar seni serta drum band SDN Minajaya. Acara ini diharapkan dapat terus berlanjut dan semakin memperkuat perekonomian serta pariwisata di Sukabumi.

Pos terkait