Wabup Iyos Hadiri Syukuran HUT ke-14 BNPT dan Peresmian Museum Penanggulangan Terorisme

Foto: Dokpim.

Matanusa, Sukabumi – Wakil Bupati Sukabumi, H. Iyos Somantri, mewakili Bupati menghadiri acara syukuran Hari Ulang Tahun ke-14 Badan Nasional Penanggulangan Teroris (BNPT) RI yang diselenggarakan di Kompleks Kantor BNPT RI Sentul Citeureup Bogor, pada Selasa 16 Juli 2024.

Acara ini juga sekaligus meresmikan Museum Penanggulangan Terorisme Adhi Pradana oleh Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Hadi Tjahjanto, didampingi oleh Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian, Kepala BNPT Komjen Pol Mohammed Rycko Amelza Dahniel, Wakapolri Komjen Pol Agus Andrianto, serta Wakil Ketua Komisi III DPR Ahmad Sahroni.

Kepala BNPT, Komjen Pol Mohammed Rycko Amelza Dahniel, menyatakan bahwa Museum Nasional Penanggulangan Terorisme ini dirancang sebagai salah satu strategi penanggulangan terorisme. Museum ini bertujuan sebagai media edukasi bagi seluruh masyarakat Indonesia, khususnya generasi penerus bangsa, serta masyarakat dunia tentang upaya Indonesia dalam melawan terorisme untuk menjaga keutuhan bangsa,” ujarnya pada Rabu (17/07).

“Museum ini didedikasikan sebagai sarana wisata edukasi untuk terus meningkatkan rasa cinta Tanah Air dan kesadaran akan bahaya terorisme. Museum ini juga menjadi simbol pentingnya kerja sama internasional dalam menghadapi ancaman terorisme dengan prinsip whole government and whole society approach,” kata Rycko.

Di tempat yang sama, Wakil Bupati H. Iyos Somantri berharap pada HUT ke-14 BNPT ini, terorisme bisa terus diberantas sehingga negara bisa kondusif dan aman tanpa ada gangguan, terutama mengingat desa dari Kabupaten Sukabumi masuk nominasi desa siaga BNPT.

“Harapan ke depannya, terorisme harus bisa diberantas bersama-sama, apapun bentuknya. Dan Alhamdulillah, Desa Kebonpedes menjadi kebanggaan kita, ini menjadi contoh bagi desa lain bagaimana penanggulangan terorisme yang benar dengan melibatkan semua pemangku kepentingan yang ada,” pungkasnya.

Hadir mendampingi Wakil Bupati dalam kesempatan tersebut adalah Kepala Badan Kesbangpol serta jajaran.

Pos terkait