Tahun Ajaran Baru: PKBM LPMD Selenggarakan MPLS untuk Menanamkan Nilai Pancasila

PKBM Langkah Prima Masa Depan Gelar MPLS untuk Siswa Baru Tahun Ajaran 2024-2025. (Foto: Wahyu).

Matanusa, Sukabumi – Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Langkah Prima Masa Depan (LPMD) telah memulai tahun pelajaran 2024-2025, dengan menggelar Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) bagi siswa dan siswi baru. Pendaftaran untuk tahun ajaran ini dibuka beberapa hari lalu, dan setelahnya, kegiatan MPLS dilaksanakan untuk membantu siswa beradaptasi dengan lingkungan sekolah.

MPLS dilaksanakan selama lima hari, mulai dari Senin, 15-19 Juli 2024, bertempat di Kampung Cisande RT. 05 RW. 02, Desa Cijalingan, Kecamatan Cicantayan, Kabupaten Sukabumi. Selama kegiatan, siswa diperkenalkan dengan berbagai aspek sekolah, mulai dari pengenalan guru-guru dan lingkungan sekolah hingga berbagai kegiatan ekstrakurikuler yang tersedia.

Selain itu, MPLS juga mencakup aktivitas olahraga, kegiatan religius seperti shalat berjamaah di asrama sekolah, serta kegiatan peramuka yang diakhiri dengan acara api unggun. Kegiatan ini bertujuan untuk membangun rasa kebersamaan dan memfasilitasi proses adaptasi siswa baru di lingkungan sekolah,” ujar Adi Fitriyadi.

Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Langkah Prima Masa Depan (LPMD) Tahun Pelajaran 2024-2025.

Ketua Pelaksana MPLS yang juga menjabat sebagai Wakasek Bidang Kurikulum PKBM LPMD, Adi Fitriyadi, ST, menjelaskan bahwa MPLS tidak hanya berfungsi sebagai pengenalan lingkungan, tetapi juga sebagai wadah untuk menanamkan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari siswa,” terangnya.

“Selain mengenalkan siswa kepada lingkungan sekolah dan berbagai kegiatan, kami juga ingin menanamkan nilai-nilai Pancasila yang menjadi dasar pendidikan di PKBM LPMD. Hal ini penting agar siswa tidak hanya belajar, tetapi juga memahami dan mengimplementasikan nilai-nilai tersebut dalam kehidupan mereka,” pungkas Adi Fitriyadi.

Dengan kegiatan MPLS ini, PKBM LPMD berharap siswa baru dapat memulai tahun ajaran dengan kesiapan dan semangat yang tinggi, serta memahami pentingnya nilai-nilai moral dan sosial dalam kehidupan akademis mereka.

Kontributor: Wahyu.

Pos terkait