Pemkab Sukabumi Terima Penghargaan Top 5 Investment Challenge 2024

Foto: Dokpim.

Matanusa, Sukabumi – Pemerintah Kabupaten Sukabumi berhasil meraih penghargaan Top 5 Investment Challenge 2024 dari Gubernur Jawa Barat pada hari Jumat, 28 Juni 2024. Penghargaan ini diberikan dalam acara West Java Industrial Meeting (WJIM) di Trans Studio Convention Center Bandung oleh Deputi Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Jawa Barat dan Kepala DPMPTSP Provinsi Jawa Barat.

Penghargaan tersebut diterima oleh Kepala DPMPTSP Kabupaten Sukabumi yang mewakili Bupati Sukabumi. Turut hadir dalam acara tersebut perwakilan dari Bappelitbangda dan Perumda Agro Sukabumi Mandiri.

Investment Challenge 2024 merupakan kompetisi yang diikuti oleh Kabupaten/Kota se-Jawa Barat melalui penilaian Proposal Investasi sesuai dengan potensi daerah masing-masing. Kegiatan ini merupakan program perdana yang diselenggarakan oleh DPMPTSP Provinsi Jawa Barat bekerja sama dengan Bank Indonesia Kantor Perwakilan Provinsi Jawa Barat.

Kabupaten Sukabumi berpartisipasi dalam Investment Challenge 2024 dengan mengajukan proposal berjudul “Pembangunan Industri Pengolahan Padi Modern”. Proposal ini disusun oleh tim yang terdiri dari Perumda Agro Sukabumi Mandiri, Bappelitbangda, dan DPMPTSP, serta didukung oleh Dinas Pertanian, DPTR, dan Dinas Ketahanan Pangan. Proposal tersebut diusulkan dengan skema Business to Business (B2B).

Jika proposal ini mendapatkan dukungan investasi, Perumda Agro Sukabumi Mandiri akan mengelola Rice Milling Unit (RMU) Modern di Jampangkulon untuk memproduksi padi kualitas premium dari gabah yang berasal dari petani dan kelompok tani di Kabupaten Sukabumi. Hal ini akan memungkinkan Kabupaten Sukabumi untuk mengolah hasil padi sendiri.

Proses seleksi Top 5 Investment Challenge cukup panjang, dimulai dari penilaian kelayakan proposal, babak penyisihan berupa evaluasi kelayakan investasi, Top 10 berupa analisis kelayakan usaha RMU, hingga Top 5 yang melibatkan presentasi proposal investasi di depan calon investor dalam dan luar negeri pada acara West Java Investment Roadshow (WJIR) pada 20 Juni 2024 di Hotel Kempinski Jakarta.

Penghargaan Top 5 Investment Challenge memiliki arti bahwa Perumda Agro Sukabumi Mandiri adalah perusahaan daerah yang layak investasi. Selanjutnya, Top 5 Investment Challenge akan diikutsertakan pada West Java Investment Summit (WJIS) yang akan berlangsung pada Oktober mendatang.

Pos terkait