Pelatihan Interoperabilitas Data Statistik Diskominfosan Kabupaten Sukabumi

Foto: Dokoim.

Matanusa, Sukabumi – Dinas Komunikasi Informatika dan Persandian (Diskominfosan) Kabupaten Sukabumi melalui Bidang Statistik menggelar pelatihan Interoperabilitas Data Statistik. Pelatihan ini menjadi sangat penting mengingat interoperabilitas adalah kemampuan aplikasi dan sistem untuk secara aman dan otomatis bertukar data tanpa memandang batas-batas geografis dan organisasi.

Pelatihan berlangsung di Hotel Sukabumi Indah, pada Selasa (09/07/2024) dan diikuti oleh pengelola data dari setiap perangkat daerah Kabupaten Sukabumi.

Seperti diketahui, data memiliki fungsi yang sangat penting bagi kinerja dan kelancaran kerja suatu instansi pemerintah. Instansi pemerintah membutuhkan penyusunan data yang baik agar dapat membantu para pimpinan/pengambil kebijakan dalam menyusun rencana kegiatan dan mengambil keputusan. Data yang baik dapat disusun dalam sebuah basis data di dalam pemerintahan.

Statistik mempunyai peranan yang sangat penting, di antaranya untuk perencanaan pembangunan. Data dan informasi statistik dapat digunakan untuk mengetahui kecenderungan (trend) yang akan terjadi pada masa mendatang, menentukan prioritas dalam pelaksanaan pembangunan, dan dijadikan acuan dalam evaluasi serta pengendalian kegiatan pembangunan. Statistik juga bermanfaat untuk memperkirakan antisipasi terhadap bencana, risiko, dan hambatan yang dihadapi dalam pembangunan.

Dalam sambutannya, Kepala Dinas Komunikasi Informatika Kabupaten Sukabumi, Mubtadi Latip, mengatakan bahwa dengan data-data yang dimiliki, pemerintah akan lebih mudah untuk mengambil kebijakan guna mendukung pembangunan daerah.

“Perlu sinergitas antara BPS sebagai penyedia data dasar dan organisasi perangkat daerah sebagai penyedia atau sumber statistik sektoral. Di sinilah diperlukan kesadaran dan partisipasi aktif dari perangkat daerah dalam hal penyediaan data sektoral,” jelasnya.

Dengan data sektoral yang akurat dan berkualitas, pembangunan akan lebih terarah. Jika data sektoral ini sudah terbangun di masing-masing OPD, maka percepatan informasi serta pengambilan kebijakan akan lebih terarah. Pelayanan publik akan menjadi lebih cepat, mudah, dan murah.

Untuk kemudahan pengelolaan data, saat ini Kabupaten Sukabumi telah mempunyai portal data yaitu Satu Data dan Open Data Kabupaten Sukabumi yang dapat diakses sebagai sarana berbagi data.

“Kami ucapkan terima kasih dan penghargaan setinggi-tingginya kepada BPS Kabupaten Sukabumi dan Tim Jabar Digital Service yang telah berkenan hadir dan memberikan ilmunya kepada kami semua. Kepada para peserta, selamat mengikuti pelatihan. Mari terus bersinergi dan bekerjasama untuk mewujudkan Satu Data Kabupaten Sukabumi,” pungkasnya.

Pos terkait