LSM Dampal Jurig dan Polsek Kadudampit Tanam 780 Pohon di HUT Bhayangkara ke-78

Penanaman 780 Pohon di HUT Bhayangkara Polri ke-78, Sinergi LSM Dampal Jurig dan Polsek Kadudampit untuk Konservasi Lingkungan. (Foto: Satria).

Matanusa, Sukabumi – Dalam rangka memperingati HUT Bhayangkara Polri ke-78, Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Dampal Jurig bekerja sama dengan Polsek Kadudampit menggelar acara penanaman 780 pohon. Kegiatan ini dilaksanakan di halaman Kantor Polisi Sektor Polsek Kadudampit, pada Sabtu (06/07/2024), sebagai bagian dari rangkaian acara HUT Bhayangkara Polri ke-78 dan agenda tahunan LSM Dampal Jurig Jabar.

Acara dimulai dengan penyerahan bantuan bibit pohon kepada Polsek Kadudampit dan dilanjutkan dengan penanaman pohon secara simbolis. Pohon yang ditanam termasuk jenis pinus, mahoni, dan mangga. Penanaman ini dilakukan langsung oleh Irvan Azis, Ketua LSM Dampal Jurig Jabar, dengan didampingi oleh Aiptu Eko Hadi, Ps. Kanit Binmas Polsek Kadudampit, yang mewakili pimpinan kepolisian sektor Kadudampit.

Irvan Azis menjelaskan bahwa tujuan dari kegiatan ini adalah untuk mengatasi kerusakan lingkungan hidup di Indonesia, khususnya di kaki Gunung Gede Pangrango, yang semakin hari semakin parah. Irvan menyatakan bahwa Indonesia mengalami degradasi mutu lingkungan yang sangat serius dan tercatat sebagai salah satu negara dengan indikator kerusakan lingkungan hidup tertinggi di dunia,” ujar Ivan.

“Ini harus kita cermati dan sikapi bersama. Melalui momentum HUT Bhayangkara Polri ke-78 ini, sudah sepatutnya kita ikut berkontribusi untuk menanamkan sikap cinta dan peduli terhadap lingkungan dan konservasi alam. Salah satunya dengan menggalakkan gerakan menanam pohon di setiap kegiatan, sesuai kemampuan dan bekerjasama dengan berbagai pihak, termasuk komunitas, perusahaan, dinas instansi, TNI, dan Polri,” tegasnya.

Irvan juga menambahkan bahwa jumlah pohon yang ditanam pada hari ini sebanyak 780 pohon dari berbagai jenis, termasuk pohon konservasi dan pohon produktif seperti buah-buahan. Pohon-pohon ini akan ditanam secara bertahap di kaki Gunung Gede. “Melindungi lingkungan adalah kewajiban kita bersama,” tambah Irvan.

Di saat yang sama, Kapolsek Kadudampit, Ipda Suhendar S.M., S.H., S.Kom., yang dihubungi via WhatsApp, menyampaikan rasa terima kasihnya kepada LSM Dampal Jurig. “Kami sangat menghargai keterlibatan LSM Dampal Jurig dalam setiap kegiatan Polri. Ini merupakan bentuk sinergitas antara polisi dan LSM peduli lingkungan, yang umumnya melibatkan masyarakat Kadudampit dalam pemeliharaan keamanan, ketertiban, dan kondusifitas dalam segala kegiatan kemasyarakatan serta penyelamatan lingkungan hidup dan konservasi alam,” kata Ipda Suhendar. “Mudah-mudahan sinergitas ini dapat terus ditingkatkan guna menuju Indonesia Emas 2045,” pungkasnya.

Acara ini diharapkan dapat menjadi contoh bagi masyarakat dan pihak-pihak lain untuk lebih peduli terhadap lingkungan dan aktif dalam kegiatan konservasi alam.

Pos terkait