DLH Kabupaten Sukabumi Responsif Terhadap Permasalahan Sampah di Surade

Pemerintah Kecamatan Surade telah menggelar rapat koordinasi (rakor) untuk menangani masalah sampah yang semakin meningkat. (Foto: DLH Kabupaten Sukabumi).

Matanusa, Sukabumi – Pemerintah Kecamatan Surade telah menggelar rapat koordinasi (rakor) untuk menangani masalah sampah yang semakin meningkat di wilayah tersebut. Kegiatan ini diinisiasi oleh Suryana, S.Ip., KP., M.Si., Camat Surade, dan dihadiri oleh berbagai pihak terkait, pada Rabu 08 Mei 2024.

Kapolsek Surade, IPTU Ade Hendra, SH., SPd., menyoroti pentingnya penanganan sampah di pasar karena dapat menimbulkan masalah bau yang tidak sedap. Salah satu solusi yang ditekankan adalah pengolahan sampah, yang dapat menjadi sumber pendapatan bagi masyarakat jika dikelola dengan baik,” Kata Ade saat di hubungi awak media, pada Kamis (09/05).

Perwakilan dari UPTD DLH Wilayah VI Jampang Kulon dan Subkor Armada dan Angkutan DLH Kabupaten Sukabumi, juga menekankan bahwa penanganan sampah bukan hanya tanggung jawab DLH, tetapi juga seluruh pihak. Mereka menggarisbawahi kurangnya armada pengangkut sampah di wilayah tersebut, yang menjadi masalah utama,” ungkapnya.

Kepala UPTD Pasar Surade, Heri, menjelaskan bahwa masalah pembuangan sampah tidak hanya berasal dari warga sekitar, tetapi juga dari pengunjung pasar, menyebabkan penumpukan sampah dengan volume tinggi dan tersebar di mana-mana,” terangnya.

Prasetyo, Kepala DLH Kabupaten Sukabumi, menjelaskan bahwa pengelolaan sampah dapat dilakukan melalui dua cara, pengurangan sampah dan pelayanan persampahan. Ia juga menekankan pentingnya peran masyarakat dalam mengurangi sampah, seperti dengan membuang sampah di tempat yang sesuai,” tambahnya.

Dalam rapat tersebut, disepakati beberapa langkah untuk mengatasi permasalahan sampah, termasuk peran pemerintah desa dalam pengelolaan sampah di tingkat desa, pelibatan pengusaha lokal dalam pengolahan sampah plastik, dan pelayanan pengangkutan sampah oleh DLH dari Tempat Pembuangan Sampah Sementara (TPSS) ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA),” pungkasnya.

Dengan kampanye bersihkan sampah dan kerjasama yang baik antara pemerintah dan masyarakat, diharapkan masalah sampah di Surade dapat teratasi dengan baik, menciptakan lingkungan yang bersih dan sehat bagi semua.

Pos terkait