Peringati Hari Otonomi Daerah ke 28: Sukabumi Menyongsong Ekonomi Hijau dan Lingkungan Sehat

Foto: Dokpim.

Matanusa, Sukabumi – Pemerintah Kabupaten Sukabumi menggelar upacara peringatan Hari Otonomi Daerah (Otda) ke-28 di Alun-alun Palabuhanratu, yang juga dirangkaikan dengan Hari Bumi Sedunia ke-54. Dalam upacara yang digelar pada Kamis (25/04) ini, tema yang diusung adalah “Otonomi Daerah Berkelanjutan Menuju Ekonomi Hijau dan Lingkungan Yang Sehat”.

Bupati Sukabumi, H Marwan Hamami, bertindak sebagai Pembina Upacara, dengan Komandan Upacara dipegang oleh Ikhsan Mukhlisani, Camat Pabuaran.

Dalam amanatnya, Bupati Marwan Hamami membacakan pesan dari Menteri Dalam Negeri, mengungkapkan bahwa 28 tahun perjalanan penyelenggaraan Otda telah memberikan manfaat yang besar bagi masyarakat. Mendagri juga mengapresiasi daerah-daerah yang berhasil meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD), seraya menekankan pentingnya memanfaatkan PAD untuk program pembangunan dan kesejahteraan masyarakat guna meningkatkan Indeks Pembangunan Manusia (IPM), mengurangi kemiskinan, serta meningkatkan konektivitas dan akses infrastruktur yang lebih baik.

Sementara bagi daerah dengan PAD yang baik namun IPM rendah, Mendagri mendorong untuk melakukan evaluasi terhadap program APBD guna memastikan efektivitas dan efisiensi dalam penyaluran dana. Bagi daerah dengan PAD yang masih rendah, dihimbau untuk melakukan inovasi tanpa melanggar hukum dan norma yang ada, dengan komitmen Mendagri untuk memperkuat fasilitasi produk hukum daerah yang berfokus pada pembangunan ekonomi hijau dan kesejahteraan masyarakat secara holistik.

Selain itu, penanganan angka stunting juga menjadi fokus dalam upaya mencapai kesejahteraan masyarakat. Pemerintah pusat menargetkan penurunan angka stunting menjadi 14 persen secara nasional pada tahun 2024. Oleh karena itu, koordinasi dan sinergitas seluruh jajaran Forkopimda Provinsi dan Kabupaten/Kota perlu ditingkatkan dalam mengambil langkah-langkah strategis untuk menekan angka stunting di daerah.

Dalam kesempatan tersebut, Bupati Sukabumi juga melakukan berbagai penyerahan yang menjadi bagian dari upaya memajukan Kabupaten Sukabumi ke arah yang lebih baik.

Pos terkait