Bulan Ramadhan Berkah: LSM Dampal Jurig dan RKMMJ Bantu Keluarga Pemulung di Sukabumi

Ketua LSM Dampal Jurig, Irvan Azis, memberikan sembako kepada Bapak Samud di Bulan Suci Ramadhan. (Foto: R. Iyan Satria).

Matanusa, Sukabumi, – Dalam upaya meningkatkan ibadah di bulan Suci Ramadhan dan merespons aspirasi dari berbagai kalangan, LSM Dampal Jurig Jabar bersama dengan Rumah Kreatif Masyarakat Muda Jabar (RKMMJ) turun langsung memberikan bantuan kepada seorang bapak pemulung beserta cucunya yang tinggal di gubuk reyot atas sungai pinggir jalan raya batas Kota Sukabumi.

Ketua LSM Dampit Peduli Lingkungan Jurang Rimba Gunung, Irvan Azis, secara langsung memimpin tim untuk meninjau kondisi keluarga tersebut dan memberikan bantuan yang dibutuhkan, dan bantuan yang diberikan berupa paket sembako yang terdiri dari beras, minyak goreng, mie instan, gula pasir, kopi, Energen, sabun, sikat gigi, odol, sarden, roti tawar, serta sarung untuk peralatan sholat,” kata Irvan Aziz, pada Jumat (15/03).

“Selain itu, Irvan Azis juga memberikan motivasi kepada bapak pemulung dan cucunya agar tetap semangat dalam menghadapi cobaan hidup, serta terus berusaha dan berdoa untuk masa depan yang lebih baik,” harapnya.

Bapak Samud, berusia sekitar (55) tahun, dan cucunya, Mohammad Ihsan, yang berusia (10) tahun, berasal dari daerah Kebon Kelapa, Jampang Sagaranten. Mereka mengalami kesulitan ekonomi yang cukup serius terutama di bulan puasa ini, serta penghasilan dari pekerjaan sebagai pemulung tidak mencukupi untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari, sehingga mereka terpaksa tinggal di gubuk reyot yang sangat tidak layak,” terangnya.

“Menyikapi kondisi tersebut, Irvan Azis tidak hanya memberikan bantuan materi, tetapi juga mengingatkan pemerintah Kota Sukabumi untuk lebih memperhatikan warganya yang membutuhkan. Serta menekankan bahwa sesuai dengan undang-undang, pemerintah memiliki tanggung jawab terhadap warganya yang kurang mampu dan anak-anak terlantar,” tegasnya.

Irvan Azis juga berharap dapat membawa solusi jangka panjang untuk membantu keluarga tersebut, termasuk memastikan bahwa Mohammad Ihsan dapat kembali bersekolah dan mendapatkan pendidikan yang layak. Juga mengajak masyarakat untuk turut peduli dan memberikan bantuan kepada keluarga ini, karena menurutnya, kepekaan sosial merupakan hal yang sangat penting dalam membantu sesama yang membutuhkan,” tandasnya.

Pos terkait