Upaya Kesehatan Gratis: Puskesmas Kebayoran Lama Layani 6.000 Petugas Pemilu di Jakarta Selatan

Foto: Doc. B.Jakarta.

Matanusa, Jakarta – Puskesmas Kecamatan Kebayoran Lama, Jakarta Selatan, memberikan layanan kesehatan kepada petugas Pemilihan Umum (Pemilu) Tahun 2024 di halaman Kantor Kecamatan pada Kamis (15/02/24).

Puskesmas tersebut telah menskrining 6.000 petugas dari 901 Tempat Pemungutan Suara (TPS) untuk memastikan kesehatan mereka selama menjalankan tugas penting dalam pesta demokrasi. Kepala Puskesmas, Avy Permata Sari, menyatakan bahwa layanan kesehatan gratis melibatkan lima tenaga medis dan mencakup pengecekan tensi darah serta pemberian vitamin.

“Selama Pemilu ini, kita sudah skrining 6.000 petugas dari 901 TPS dan kita juga memberikan vitamin sebanyak 1.140 butir kepada mereka,” ungkap Avy. Total 65 petugas telah menerima layanan, termasuk 25 diantaranya yang menjalani infus neurobion untuk memulihkan stamina setelah tugas di TPS.

Camat Kebayoran Lama, Iwan K Santoso, menegaskan bahwa koordinasi dengan Suku Dinas Kesehatan Jakarta Selatan telah dilakukan untuk memastikan petugas dan fasilitas kesehatan di Puskesmas, Puskesmas Pembantu Kelurahan, dan RSUD siap memberikan layanan kepada petugas Pemilu.

“Sampai saat ini, Alhamdulillah semua berjalan lancar, kita terus pantau di setiap wilayah mengenai kesehatan petugas,” ujar Iwan K Santoso.

Petugas KPPS Kelurahan Kebayoran Lama Utara, Ahmad (42), mengapresiasi kesigapan petugas kesehatan. “Mereka aktif sekali, kita yang terlihat lelah selalu ditanya sakit atau tidak? Apabila sakit kita langsung diberikan penanganan sementara di tempat dan jika kondisi mengkhawatirkan langsung dirujuk ke Puskesmas Kecamatan atau RSUD,” kata Ahmad.

Pos terkait