Wabup Sukabumi Dampingi PJ. Gubenur Jawa Barat, Tinjau Lokasi Bencana Cibadak

Doc. Pemkab Sukabumi

Matanusa, Sukabumi – Wakil Bupati Sukabumi H. Iyos Somantri mendampingi Pj. Gubernur Jawa Barat Bey Machmudin dalam peninjauan bencana alam di Kp. Cibatu Hilir, Desa Sekarwangi, Kecamatan Cibadak, pada Senin (29/01/24).

Bencana tanah longsor ini menarik perhatian pemerintah pusat dan daerah, lebih dari belas rumah warga terdampak dan warga setempat telah diungsikan karena potensi perluasan tanah longsor.

Pj. Gubernur Jawa Barat menyatakan bahwa penanganan fungsi sudah baik, perlu fokus mencari solusi terbaik. “Badan geologi akan meneliti kondisi tanah untuk menangani bencana ini, meskipun sulit kami akan mencari solusi baik relokasi maupun hasil tim badan geologi, menekankan bahwa kondisi ini harus menjadi pengalaman bagi masyarakat Jawa Barat, berhati-hati dalam pemilihan tanah untuk bangunan,” ujarnya.

Wakil Bupati menyoroti pentingnya mengamankan dan memberikan bantuan logistik serta layanan kesehatan sambil menunggu hasil kajian untuk penanganan lebih lanjut.

“Relokasi akan dilakukan jika diperlukan, dan saat ini, tindakan telah diambil untuk 13 rumah tertimbun dan 6 rumah zona merah, sehingga pengungsi mendapatkan bantuan logistik dan layanan kesehatan,” tandasnya.

Pos terkait