Wabup Sukabumi Bersama KSAD Maruli Simanjuntak, Optimalkan Lahan Tidur Untuk Atasi Tantangan Ketahanan Pangan

Wakil Bupati Sukabumi H. Iyos Somantri kunjungan kerja Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD).

Matanusa, Sukabumi – Wakil Bupati Sukabumi H. Iyos Somantri, menyertai kunjungan kerja Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD), Jenderal TNI Maruli Simanjuntak dalam meninjau ketahanan pangan Kostrad dan membuka rapat kerja teknis bidang teritorial TNI AD TA 2024 di Gudang Ketahanan Pangan, Desa Ciemas, Kecamatan Ciemas, pada Kamis (18/01/24).

Jenderal TNI Maruli Simanjuntak menyampaikan bahwa Indonesia menghadapi tantangan ketahanan pangan akibat cuaca panas (El Nino), dengan sejumlah petani berisiko gagal panen. Dalam menghadapi situasi ini, TNI turut berperan mengoptimalkan lahan tidur, termasuk di Kecamatan Ciemas, Kabupaten Sukabumi, serta beberapa daerah lain seperti Pangandaran, Garut, Ciamis, dan Tasik.

KSAD menegaskan pentingnya menjadikan inisiatif ketahanan pangan di beberapa daerah sebagai pilot projek untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan stok pangan yang memadai. Dengan lahan pangan yang sudah berhasil dikelola, diharapkan dapat memberikan manfaat bagi masyarakat.

“Ketahanan pangan ini kita bangun atas dukungan semua pihak termasuk masyarakat di Kecamatan Ciemas sekitar 700 hektar lahan sudah terkelola dengan baik dan memberikan dampak positif bagi masyarakat,” ujar KSAD.

KSAD berharap bahwa jika konsep ketahanan pangan di berbagai wilayah terbukti berhasil, lahan pangan tersebut akan didistribusikan kepada masyarakat sebagai langkah untuk meningkatkan kesiapan stok pangan di Indonesia.

Wakil Bupati Sukabumi H Iyos Somantri mengucapkan terima kasih kepada KSAD Jenderal TNI Maruli Simanjuntak atas kunjungannya untuk meninjau lokasi ketahanan pangan di Kabupaten Sukabumi. Ia juga mengapresiasi kemajuan proyek ketahanan pangan di Kecamatan Ciemas, yang diharapkan menjadi pendorong ekonomi masyarakat.

“Maju pesatnya proyek ini dan program yang luas, insya Allah akan menjadi pemicu pertumbuhan ekonomi masyarakat,” tambahnya.

Pada kesempatan tersebut, KSAD, Wakil Bupati Sukabumi, dan pejabat lainnya melaksanakan penanaman jagung secara simbolis dan melakukan peninjauan beberapa lahan pangan lainnya.

Pos terkait