Melonjaknya Harga Cabe, Dinas Pertanian Gelar Gerakan Tanam Cepat Panen di Surade

Red/D2

MATANUSA.NET SUKABUMI –

Dalam rangka pengendalian inflasi, Dinas Pertanian melaksanakan “Gerakan Tanam Cepat Panen” untuk komoditas Cabai yang bertempat di Poktan Sumur Bandung Desa Pasiripis Kecamatan Surade, pada Kamis (23/11/2023).

BACA JUGA : Sukses di Gelar dan Tembus diatas 200 Juta, Bupati Sukabumi Tutup Fashion Culinary Night Festival 2023

Kepala Dinas Pertanian Sri Hastuti Harahap menyampaikan, bahwa Kecamatan Surade dipilih sebagai lokasi mengingat wilayah ini merupakan salah satu sentra cabai khususnya cabai rawit di Kabupaten Sukabumi, Kata Kadis (25/11/23).

Gerakan ini adalah bagian dari respon cepat Distan terhadap fenomena melonjaknya harga cabai khususnya rawit merah di pasar belakangan ini. Kenaikan harga cabai menjadi penyumbang indeks perkembangan harga (IPH) di daerah. 

Lebih jauh, selain itu, di beberapa wilayah Kabupaten Sukabumi juga telah turun hujan sehingga moment ini harus segera dimanfaatkan petani untuk mulai menanam, ungkapnya.

Harapannya, melalui gerakan ini produksi cabai akan meningkat dan harga cabai dapat dikendalikan mengingat sebentar lagi kita akan menghadapi moment Natal dan Tahun Baru (Nataru) yang biasanya diwarnai dengan kenaikan harga beberapa barang kebutuhan pokok termasuk juga cabai, pungkasnya.

Pada kesempatan tersebut turut hadir Camat Surade, Danramil yang diwakili Babinsa, para Kepala Desa di wilayah Surade, seluruh Kepala UPTD wilayah Kabupaten Sukabumi, PPL dan POPT di wilayah VI Jampangkulon serta perwakilan Poktan di wilayah Kecamatan Surade.

Petani Kuat, Surade Hade, Sukabumi Hebat!